oleh

Dinkes Pesibar Distribusikan Vaksin Jenis Moderna

Prosesi pelaksanaan vaksinasi kepada kalangan masyarakat.

Pesibar, Warta9.com – Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), hingga kini masih memaksimalkan vaksinasi Corona Virus Disease (Covid-19) dengan mulai memanfaatkan ketersediaan vaksin jenis moderna.

Kabid Pelayanan Kesehatan dan SDK Arfi Julizar, S. Km., mendampingi Kadiskes Pesibar Tedi Zadmiko, S. Km, S.H, M.M., mengatakan, pihaknya telah mendistribusikan vaksin moderna keseluruh Puskesmas di kabupaten setempat.

“Sekarang selain vaksin jenis sinovac, Puskesmas juga sudah memiliki vaksin jenis moderna, kedua vaksin itu bisa diberikan langsung ke masyarakat, dengan catatan seluruh nakes sasaran sudah menerima vaksin ketiga,” kata dia.

Dijelaskannya, vaksin jenis moderna itu harus digunakan untuk memberikan vaksin ke tenaga kesehatan sasaran vaksin ketiga, kemudian baru diberikan ke masyarakat umum untuk menerima dosis pertama dan kedua.

“Vaksin jenis moderna itu diberikan ke masyarakat untuk vaksin pertama, atau baru pertama kali menerima vaksin dan tidak bisa digunakan untuk vaksin kedua jika sebelumnya masyarakat sudah menerima vaksin pertama jenis sinovac,” jelasnya.

Menurutnya, seluruh Puskesmas harus memberikan informasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan vaksinasi di wilayah masing-masing, hal itu agar semakin banyak warga yang menerima vaksin.

“Jika Puskesmas sudah siap memberikan vaksin itu, maka bisa disebarluaskan ke masyarakat, al itu untuk percepatan dan peningkatan realisasi vaksin di kabupaten ini,” terangnya.

Ditambahkannya, pemberian vaksin yang dilakukan selama ini bukan bertujuan agar masyarakat kebal terhadap Covid-19, namun untuk kekebalan tubuh sehingga nantinya tidak ada resiko berat akibat serangan Covid-19.

“Vaksin ini bertujuan untuk meningkatkan imun tubuh masyarakat, sehingga resiko dari serangan Covid-19 bisa diminimalisir dan tidak sampai gejala berat menyerang,” tandasnya. (Eva)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed