DPRD Tulang Bawang Gelar Paripurna Menyampaian LPP

Menggala, Warta9.com – DPRD Kabupaten Tulang Bawang menggelar rapat paripurna penyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) Bupati Tulang Bawang atas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019 di ruang sidang DPRD setempat, Senin (29/06/2020).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Tulang Bawang Sopi’i dan diikuti anggota dewan lainya dihadiri Bupati Hj. Winarti beserta Satuan Kerja Organisasi Perangkat Daerah (SKPD) dan Camat, Lurah dan Insan Pers.

Rapat paripurna perdana ini digelar DPRD pada masa pandemi Covid-19 dan memasuki masa New Normal, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tersebut.

Bupati Winarti menyampaikan bahwa LPJ 2019 ke DPRD, pada dasarnya juga telah diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, alhamdulillah kita meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lagi, sehingga sudah 6 kali berturut-turut.

Dalam pertanggungjawaban LPP ini, ia mengatakan dari sisi pendapatan Tulang Bawang Tahun 2019 dari target 1,28 trilyun terealisasi 92,42% dari PAD, transfer dan pendapatan lain yang sah, kemudian pada sisi belanja terealisasi 1,19 trilyun terjadi penghematan anggaran 12,73%.

Ia menjelaskan, pada pembiayaan juga terjadi Surplus yang dapat menutupi defisit anggaran. Sehingga terjadi sisa lebih (Silpa) APBD 2019.

“Pengelolaan anggaran Pemkab Tulang Bawang juga mengacu pada PP Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah,” paparnya.

Hal ini juga menunjukkan bahwa per 31 Desember 2019, mempunyai kemampuan sangat baik dalam menjamin kewajiban jangka pendek.

“Saya mengucapkan terima kasih atas peran dan kerjasama semua pihak, termasuk jajaran DPRD dan berharap kebersamaan dalam membangun dan memajukan Tulang Bawang dapat terus dijaga demi kepentingan rakyat,” tandas Bupati. (W9-Wan)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.