oleh

Dua Budayawan Lampung Utara Terima Anugerah

Kotabumi, Warta9.com – Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadim Anwar Makarim melalui Dirjend Kebudayaan, menyerahkan Anugrah Kebudayaan Indonesia kepada dua Budayawan Lampung Utara.

Dua budayawan tersebut yakni; Isa Syahri mendapat Anugrah Kebudayaan kategori Maestro Tradisional dan Agus Tiadatara kategori Media Kebudayaan.

Setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang ahirnya Provinsi Lampung berhasil mendapatkan 2 kategori anugrah, isa Syahri mendapatkan PIN emas seberat 5 gr, Sertifikat, Plakat dan hadiah hiburan sebesar 50 juta rupiah, sebagai penerima Anugrah Kebudayaan Indonesia kategori Maestro Tradisonal, sedang Agus Tiadatara mendapatkan sertifikat dan plakat sebagai penerima anugrah kebudayaan kategori Media Kebudayaan.

Bupati Lampung Utara Budi Utomo diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Mat Soleh mengucapkan, terimakasih yang tak terhingga kepada Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kedua budayawan Lampura yang telah mengharumkan Provinsi Lampung, khususnya Lampura.

“Semoga anugrah yang baru saja diterima ini dapat dijadikan semangat bagi kedua budayawan dalam mendedikasikan dirinya untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Lampura,” ucapnya.

Tidak kalah penting Juga Mat Soleh mengatakan, harapannya kepada dirjend kebudayaan agar ditahun-tahun mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampura dapat menjadi referensi kebudayaan di tingkat Nasional, mengingat Lampura memiliki kekayaan dan keragaman budaya yang luar biasa.

Dwiyana Hercahyani Direktorat PTLK menyampaikan, terimakasih kepada Pemerintah Daerah Lampura yang sudah ikut berpartisipasi dalam seleksi Anugrah Kebudayaan Indonesia 2021.

Dwiyana berharap keragaman budaya yang ada di Lampura, dapat terus dikembangkan lagi sehingga dapat menjadi contoh bagi provinsi lain yang ada di Indonesia.

Sementara Elly D Luthan,  Perwakilan Tim Penilai Maestro Seni Tradisi mengatakan, dirinya menyadari betapa sulit untuk menyisohkan kompetitor dari 34 provinsi diseluruh Indonesia, namun Lampung berhasil mendapatkan 2 anugrah sekaligus, tentu ini dapat dijadikan tolak ukur besarnya perjuangan para budayawan dalam mendedikasikan diri untuk melestarikan budaya, jelasnya. (Rozi/lam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed