oleh

Ekonomi Kreatif BMW, Dongkrak Pendapatan Masyarakat Kampung

Banjar Agung, Warta9.com – Mendapatkan perluasan lapangan kerja dan usaha ekonomi kreatif Bergerak Melayani Warga (BMW) pemberdayaan perempuan dan pendapatan keluarga dapat meningkatkan kewirausahaan dan pendapatan masyarakat kampung, serta meningkatkan semangat gotong royong.

Demikian dijelaskan Bupati Tulang Bawang Hj, Winarti saat menghadiri pembukaan Festival Ekonomi Kerakyatan dan Ekonomi Kreatif di lapangan Etanol unit II, Kecamatan Banjar Agung, Selasa (17/12/2019).

Program Kreatif Mandiri BMW yang dibentuk oleh kampung dari 15 kecamatan itu, sesuai Keputusan Bupati berdasarkan usulan kampung yang telah diverifikasi Fasilitator Kecamatan, Tim pembina tingkat kecamatan, Konsultan Manajemen Pendamping Tim Pembina Kabupaten, kelompok masyarakat setiap kampung itu, antaranya kelompok pengajian muslimat, kelompok wanita kreatif mandiri dan kelompok karang taruna.

“Sedangkan, organisasi pelaksana tingkat kabupaten, yakni Bupati dan Wakil Bupati sebagai Pembina Program BLM Kreatif Mandiri BMW, dan Sekda sebagai Ketua Tim Pengarah dengan anggota para Assisten Sekretariat Kabupaten dan Inspektorat Kabupaten,” urai Bunda Winarti, panggilan akrab Bupati perempuan pertama di Tulang Bawang ini.

Dia menjelaskan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung/Kelurahan sebagai Ketua Tim Koordinasi dan Pendampingan Program BLM Kreatif Mandiri, dengan anggota Dinas/Intansi teknis terkait, Tim Pengawasan dilaksanakan oleh Inspektorat Kabupaten, Tim Konsultan Manajemen Pendamping Program dr Perguruan Tinggi.

Ditingkat kecamatan, Camat sebagai Ketua Tim Pembina dan Koordinasi BLM Kreatif Mandiri BMW di kecamatan dengan anggota Dinas/Intansi teknis terkait termasuk 1 Fasilitator Pendamping Teknis dan ditingkat Kampung. Kepala Kampung sebagai Ketua Tim Pembina dan Koordinasi Program BLM Kreatif Mandiri BMW, Kelompok Masyarakat (Pokmas) Pelaksana Kegiatan yang terdiri dari 10 orang Tim inti.

“Dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Kreatif Mandiri BMW senilai Rp20 juta/kelompok setiap kampung sudah sangat terkonsep matang, sehingga mendapatkan Rekor Muri Dunia,” papar Winarti yang juga calon kandidat Doktor IPDN.

Hadir dalam seminar, Armel Arifin Plt. Direktur Utama LLP- KUKM Smesco INDONESIA, Agung Saputra, Protokol Armel Arifin dari Kementrian Koprasi dan UKM Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Indah Puspitasari, Kepala Bagian Pengawsan Bank OJK Lampung, Even Alex Chandra.

Juga hadir Head of Public Policy & Government Relations BUKALAPAK, Hasan Abud, Direktur Hubungan Antar Lembaga Dalam Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Christin Septiansyah, S.Pt MM, Kasubbag Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi Ukm Biro Perekonomian Provinsi Lampung, DR Agus Nompitu, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung serta seluruh Kepala Kampung se-Tulang Bawang. (W9-Wan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed