Festival Sampoerna Retail Community UMKM di PKOR Berlangsung Singkat

Bandarlampung, Warta9.com – Dibuka Asisten Bidang Perekonomian Taufik Hidayat mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Minggu (1/12/2019) pagi, Festival Sampoerna Retail Community (SRC) di PKOR Way Halim, Minggu sore sudah bubar. Kegiatan ini berlangsung singkat alias numpang liyu.

Kegiatan yang menampilkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sektor Retail sekaligus memperkenalkan ekosistem SRC kepada konsumen, berlangsung singkat. Minggu sore sekitar pukul 16.00 WIB, semua produk yang dipamerkan sudah tutup. Padahal kebanyakan masyarakat bermain di PKOR pada sore hari.

Dalam pembukaan ini, Asisten II Taufik Hidayat mengatakan, kegiatan ini dalam upaya meningkatkan daya saing UMKM sektor retail sekaligus memperkenalkan ekosistem SRC kepada konsumen. Sehingga kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peningkatan UMKM khususnya di Provinsi Lampung.

Menurut Taufik, pada era pasar bebas saat ini pelaku UMKM menghadapi tantangan cukup berat, persaingan antar negara dalam memperebutkan pasar bagi produk industri menjadi semakin ketat. “Dapat dikatakan bahwa UMKM cukup berpotensi untuk berperan serta dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi khususnya ekonomi di daerah,” katanya.

Taufik menjelaskan agar dapat bersaing dengan retail-retail, maka warung-warung rakyat diperlukan langkah-langkah upaya pembinaan. Di antaranya dengan melakukan modernisasi, mulai dari pembinaan kepada pemilik toko agar dapat memberikan pelayanan yang ramah.

Taufik mengajak untuk bersama-sama memajukan UMKM, melalui gerakan Berbelanja Dekat Rumah (Berkah). “Ini dalam upaya pelestarian tradisi, mengingat berbelanja di toko kelontong sarat akan nilai sosial dan ekonomi Indonesia sejak dulu,” tandas Taufik. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.