oleh

Gubernur Arinal Djunaidi Berharap Pemilihan Muli Mekhanai Lampung Jadi Ajang Bergengsi

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberi sambutan pada malam Grand Final Muli Mekhanai Lampung 2021. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi berharap kegiatan Muli Mekhanai Provinsi Lampung dijadikan ajang yang bergengsi. Dimana setiap tahun pelaksanaannya semakin baik.

Harapan itu disampaikan Gubernur Arinal Djunaidi saat menyampaikan sambutan pada Grand Final Muli Mekhanai Provinsi Lampung 2021 di Hotel Novotel Bandarlampung, Selasa (2/11/2021) malam.

Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Gubernur Arinal Djunaidi menyambut baik terselenggaranya kegiatan walalu masih dalam masa darurat kesehatan. “Acara ini merupakan ajang kompetisi yang bergengsi. Saya garis bawahi kata-kata bergengsi ini semakin tahun semakin ditingkatkan betul sehingga Muli itu apa Mekhanai itu apa yang harus dilakukan sehingga akan meningkat kewibawaannya,” ujar Arinal Djunaidi.

Namun kegiatan Muli Mekhanai tahun ini masih sederhana karena masih dalam suasana pandemi Covid-19 darurat kesehatan sehingga Gubernur Arinal masih memberi toleransi. “Tahun depan kegiatan Muli Mekhanai yang akan datang sama dengan pemilihan Putri Indonesia skala Provinsi. Seperti apa itu pelaksanaannya, silakan belajar cara-cara yang sudah dilakukan dan saya berharap Muli Mekhanai ini menjadi embrio pemilihan Putri Indonesia,” harap Gubernur Arinal.

Tentang potensi Lampung seperti Pelabuhan Bakauheni, lanjut Gubernur akan menjadi destinasi pariwisata nasional dan sudah keluar Keputusan Presiden. “Yang insya Allah kurang lebih 2 tahun sudah selesai ini akan memerlukan duta-duta wisata. Karena itu, kita ingin membuat bahagia masyarakat yang berlalu lalang menggunakan transportasi darat dari Bali, Pulau Jawa ke Sumatera sebaliknya dari Sumatera ke Jawa lebih kurang 20 juta penduduk Indonesia yang menggunakan transportasi tersebut. 10 persen insya Allah akan kita tunda karena melihat potensi wisata Lampungyang kaya akan pariwisatanya,” ujar Arinal Djunaidi.

Lebih lanjut Gubernur Arinal Djunaidi menyampaikan, Lampung mempunyai wisata sejarah, meletusnya Gunung Krakatau, Lampung punya pulau Kiluan, di Tanggamus ada Pulau Tabuhan dan lain-lainya yang membutuhkan duta wisata yang profesional. “Oleh karenanya, perlu didandan agar lebih greget lagi. Datangkan konsultan. Kalau pemilihan Abang dan Nona Jakarta bisa, kenapa Muli Mekhanai tidak bisa,” kata Gubernur Arinal.

Beasiswa Juara Muli Mekhanai
Dalam kesempatan ini, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memerintahkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lampung Edarwan, untuk berkomunikasi dengan Kepala Bappeda dan Kadisdikbud. “Bagi yang juara Muli Mekhanai 2021, agar diberi beasiswa. Tolong disampaikan ke Kepala Bappeda dan Kadis Pendidikan agar peserta Muli Mekhanai yang juara diberi beasiswa,” pinta Arinal.

Gubernur Lampung Arinal juga berharap agar peserta Muli Mekhanai nantinya menjadi duta wisata. Bisa menjalankan tugas sebagai Duta wisata daerah yang optimal. “Saya berharap peserta Muli Mekhani ini benar-benar menjadi duta wisata. Sehingga jangan sampai yang menjadi duta pariwisata saudara kita dari Bali karena Bahasa Inggrisnya bagus. Karena itu disiapkan dari sekarang,” harap Gubernur.

Gubernur Arinal menyampaikan ucapan selamat berkompetisi kepada seluruh peserta yang mewakili kabupaten/kota. Dia minta event ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk membuktikan kemampuan terbaik peserta untuk menjadi duta pariwisata yang profesional dan merupakan kebanggaan bagi masyarakat Lampung. “Jadilah duta pariwisata yang profesional yang dapat membantu pemerintah Provinsi Lampung dalam pengembangan dan mempromosikan pariwisata Lampung yang dapat menjadi kebanggaan masyarakat Lampung serta mengharumkan nama Lampung di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Gubernur.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Edarwan menyampaikan, Grand Final Muli Mekhanai dilakukan dengan pembatasan jumlah undangan. Acara ini untuk memilih pemenang Muli Mekhanai Lampung 1 sampai dengan 4 dan pemenang atribut yang sudah diseleksi.

Edarwan berharap kegiatan ini dapat memotivasi generasi muda untuk berkarya dan memberikan sumbangsih diri dalam hal ini mereka dapat bersinergi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terutama setelah ini berakhir pariwisata akan menjadi tujuan utama setiap orang.

Hadir dalam Grand Final Muli Menkhanai antara lain, Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal, Ketua DWP Mamiyani Fahrizal juga juri, Direktur Bisnis Bank Lampung Ahmad Jahri, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Padra Arsyad juga selaku Dewan Juri. (W9-jam)

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed