oleh

Gubernur Arinal Djunaidi Salurkan Bantuan Baznas Lampung untuk 100 UMKM

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyerahkan bantuan BAZNAS untuk pelaku UMKM. (foto : Ari)

Bandarlampung, Warta9.com – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyerahkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Lampung secara simbolis kepada 100 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) se-Provinsi Lampung, di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Rabu (12/01/2022).

Turut mendampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam penyerahan bantuan antara lain, Plt Ketua Baznas Lampung Abdurrahman Harun, Komisioner Baznas Iskandar Zulkarnain dan Sudirman Subing. Hadir juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Qudratul Ikhwan, Kadis Sosial Aswarodi dan Karo Kesos Ria Andari.

Sedangkan penerima bantuan secara simbolis lima orang yaitu, Rita (pedagang keliling), Tri Oviyati (pedagang ayam geprek), Dasimin (pedagang gorengan), Margini (penjual jamu tradisional) dan Sutini (penjual kue).

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Baznas Provinsi Lampung Dr. H. Abdurrahman Harun, M.Ag menyampaikan, bahwa bantuan yang diserahkan adalah Program Bantuan Baznas Tahun 2021 yang baru sempat disampaikan pada hari ini.

Adapun bantuan yang diberikan berupa dana usaha sebesar Rp2 juta bagi 100 pengusaha kecil atau UMKM di Lampung yang telah diseleksi oleh Baznas dengan total bantuan sebesar Rp200 juta.

Dalam laporannya Abdurrahman Harun juga menerangkan, bahwa pada tahun 2020 telah terkumpul dana sebesar Rp1.4 miliar dari para muzakki dan telah disalurkan kepada nelayan Pahawang berupa bantuan 1 ton beras. Lalu untuk beasiswa bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 tiga Perguruan Tinggi, Unila, UIN Lampung dan UBL.

Kemudian pada tahun 2021 dana dari para muzakki terkumpul sebanyak Rp1.7 miliar, telah didistribusikan untuk alat kesehatan, paket sembako, bantuan tahfiz Al-Quran, UMKM serta untuk para mustahik yang membutuhkan.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap bantuan dari Baznas ini dapat dimanfaatkan oleh penerima menambah usahanya. Dengan adanya tambahan modal usaha ini, para penerima bantuan dapat mengembangkan usahanya.

Gubernur Arinal Djunaidi dalam kesempatan ini, memborong dagangan Rita penyandang difabel. Rita sangat senang sekali menerima bantuan modal dari Baznas Provinsi Lampung. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed