oleh

Gubernur Arinal : Pemprov Lampung akan Bantu UMKM dan Program Dekranasda  

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberi sambutan pada pelatihan Wastra Lampung yang diselenggarakan Dekranasda. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi memuji Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lampung yang mempunyai semangat untuk membangun.

Karena itu, Gubernur Arinal Djunaidi mengharapkan Dekranasda bisa bangkit untuk mengambil peluang ini dengan memanfaatkan produk-produk UMKM.

Hal itu disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, saat menyampaikan arahan pada Pelatihan Wastra Lampung Modul Inovasi dan Pemasaran, di Mahan Agung Rumah Dinas Gubernur Lampung, Selasa (23/11/2021).

Gubernur Arinal Djunaidi menyampaikan, pelaku UMKM yang mempunyai UMKM tidak perlu khawatir soal pendanaan. Sebab, Pemprov Lampung akan menggandeng pemerintah pusat dan beberapa pihak seperti perbank kan untuk memberi bantuan program Dekranasda untuk pengembangan UMKM Lampung.

“Para UMKM yang mempunyai kemampuan dan kemauan jangan khawatir soal pendanaan. Pemprov Lampung siap mendukung program Dekranasda,” ujar Gubernur.

Arinal Djunaidi sangat bangga dan mengapresiasi pelaku UMKM yang tumbuh sendiri. Karena dengan pertumbuhan UMKM mereka telah membantu pemerintah dalam mengembangkan ekonomi rakyat.

“Saya sangat bangga UMKM tumbuh sendiri tanpa harus menggantungkan pemerintah. Dengan adanya dorongan dari pemerintah dan Dekranasda, maka diharapkan UMKM akan lebih berkembang lagi,” kata Arinal Djunaidi.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ingin ada keseimbangan. Lalu ada juga dorongan beberapa UMKM di kabupaten/kota. Tapi Gubernur Lampung lebih mengutamakan yang mempunyai daya juang untuk mengembangkan UMKM. “Manfaatkan dengan benar Didiet Maulana yang mempunyai segudang kegiatan, tapi masih bisa hadir ke Lampung. Sehingga nanti motif-motif batik Lampung menasional bahkan mendunia,” ujar Gubernur.

Gubernur Arinal Djunaidi tidak heran bila ada desainer yang mengambil Wastra Lampung. Wajar karena Lampung mempunyai banyak potensi.

Lampung sangat potensi untuk pengembangan batik. Meskipun Lampung ini kecil tapi, kaya potensi. Kalau batik di daerah Jawa memang luar biasa, tapi dinilai sudah klimak. Karena itu, ini peluang Batik Lampung bisa mewarnai batik nasional. Karena salah satu daerah yang mempunyai aksara adalah Provinsi Lampung.

Gubernur Bangun Pasar UMKM
Dalam kesempatan ini, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan, sebagai bentuk kepedulian Pemprov Lampung dalam mengembangkan UMKM, ia berencana membangun Pasar UMKM. Lokasi pasar UMKM direncanakan akan dibangun dekat pintul tol.

“Pasar UMKM ini akan dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia. Akan dilakukan secara Online dan juga dibangun lokasi yang memadahi. Nanti akan dibangun di dekat tol. Sehingga bisa dinikmati masyarakat. Semua terkait produk Lampung dan batik, makan tersedia di sini,” kata Gubernur Arinal.

Karena itu, Gubernur Arinal mengharapkan Dekranasda bisa bangkit untuk mengambil peluang ini dengan memanfaatkan produksi UMKM.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, mengucapkan terimakasih atas dukungan Gubernur Lampung terhadap kegiatan Dekranasda Lampung dalam mengembangkan perajin dan produk UMKM.

Riana Sari menyampaikan pelatihan Wastra Lampung dengan menghadirkan desainer dan mentor Didiet Maulana, diharapkan dapat membangkitkan para perajin di Lampung.

Dekranasda Provinsi Lampung terus mengembangkan kerajinan yang ada di Provinsi Lampung sehingga dapat berdaya saing dan bernilai tinggi. Karena itu, perlu didorong agar perajin inovatif, kreatif dan produktif.

Pelatihan Wastra Lampung yang diselenggarakan oleh Dekranasda Lampung dikuti sekitar 75 perajin dari kabupaten/kota se-Lampung, pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota. (W9-jam)

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed