oleh

Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tegal Bagikan 15.000 Masker

Tegal, Warta9.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Desease (Covid-19) Kabupaten Tegal bagikan 15.000 masker di pusat perdagangan Ruko Slawi, Pasar Trayeman dan Pasar Banjaran, Jum’at (24/4/2020).

Disamping membagi masker kepada pedagang dan pengunjung pasar dan ruko, tim Gugus Tugas juga memasang banner atau spanduk bertuliskan “kawasan wajib pakai masker” di tiga lokasi tersebut.

Kegiatan ini bertujuan agar seluruh pedagang, pembeli dan pengunjung pasar semuanya menggunakan masker dalam rangka pencegahan penyebarluasan corona virus. Kawasan ruko dan pasar merupakan lingkungan yang ramai /padat dikunjungi warga sehingga penularan virus sangat mungkin terjadi.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (PUSDALOPS) Gugus Tugas Covid-19 Dadang Darusman yang juga Asisten Sekda Bidang Pemerintahan mengatakan, warga masyarakat Kabupaten Tegal mulai memiliki kesadaran untuk memakai masker ketika bepergian.

Namun masih banyak juga warga  karena keterbatasan atau lupa, meraka tidak mengenakan masker saat keluar rumah. Terutama para pedagang pasar yang banyak menemui atau berinteraksi dengan pembeli dari berbagai kalangan atau berbagai wilayah.

Mereka perlu menjaga diri dengan memakai masker agar jangan sampai menularkan atau tertular virus covid-19. Sebab diantara warga masyarakat meskipun secara fisik kelihatan sehat, tidak mengetahui bahwa dirinya carier atau pembawa virus. Dengan memakai masker diantara warga bisa saling menjaga sehingga tidak menularkan dan tidak tertular virus covid-19.

Dadang Darusman mengungkapkan, jika transmisi lokal virus covid-19 terjadi di lingkungan pusat perdagangan seperti pasar dan ruko, maka tim medis akan kesulitan untuk melacak siapa saja yang menjadi kontaknya. Sehingga upaya untuk memutus mata rantai penyebarannya menjadi tidak efektif.

Ia menambahkan, transmisi lokal sendiri sudah terjadi di wilayah Kabupaten Tegal sejak satu orang tanpa gejala yaitu warga Desa Slawi Kulon Kecamatan Slawi terkonfirmasi positif saat hasil swabnya keluar hari Selasa (21/4) kemarin.

Tim Gugus Tugas di bagi 3 tim, tim pertama   membagi 5.000 masker di kawasan Ruko Perdagangan Slawi, Tim kedua membagi 5.000 masker di Pasar Trayeman dan Tim Ketiga membagi masker di Pasar Banjaran Adiwerna. Mereka disambut antusias oleh para pedagang dan pembeli serta warga masyarakat yang saat itu berada di pasar dan ruko.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga masyarakat khususnya para pedagang, pembeli dan pengendara sepeda motor, tukang becak, pelayan toko sehingga penyebarluasan Covid-19 akan cepat tertanggulangi ,” pungkas Dadang. (W9-Sho)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed