Hari Pertama PPDP SMAN 1 Metro, Sebanyak 82 Calon Siswa Mendaftarkan Diri

Kepala SMAN 1 Kota Metro, Purwaningsing. Poto: (Joko/warta9.com)

Metro, Warta9.com – Hari pertama penerimaan peserta didik baru (PPDP) SMA di Kota Metro serentak dimulai, Senin (4/6/2016) dini hari. Sejumlah lulusan SMP sederajat memadati posko pendaftaran di sejumlah sekolah.

Suasana itu juga terlihat di SMA Negeri 1 Kota Metro, setidaknya sebanyak 82 calon siswa SMA yang berasal dari lulusan SMP/MTs yang berseragam putih biru dan pakaian bebas resmi mendaftarkan diri ke panitia yang terdiri dari 55 pendaftar yang mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan sebanyak 27 pendaftar jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dimana para pendaftat langsung bisa mengakses lewat sistem dalam jaringan internet.

Kepala SMAN 1 Kota Metro, Purwaningsing mengatakan pendaftar sejak pagi sudah memadati halaman dengan duduk dan mengobrol di lingkungan sekolah. Ipung demikian dia akrap disapa menjelaskan tahun ini sekolahnya akan menerima 286 siswa.

“Alhamdulillah peminat di sekolah kami pada PPDB di hari pertama cukup banyak, PPDB tahun ini sudah berbasis zonasi dengan mengakomodir 75% calon siswa yang berasal dari masyarakat sekitar sekolah. Dan yang 25 % akan diisi dari pihak keluar pendidik dan tenaga kependidikan sebanyak 5%, peserta didik dari luar Kabupaten sebanyak 5%, peserta didik berprestasi dalam bidang akademik sebanyak 5%, peserta didik berprestasi dalam bidang non akademik 5 % dan jalur mandiri sebanyak 5 %. Saat saya melihat berkas para pendaftar, kebanyakan mereka adalah masyarakat disini. Ada juga pendaftar dari luar lingkungan sekolah tetapi mereka sebagai pendaftar nonzonasi,” ujar dia.

Lebih lanjut Ipung mengungkapkan dari 286 siswa yang bakal diterima di SMAN 1 Metro rinciannya sebanyak 168 siswa zonasi jurusan IPA dan 48 siswa zonasi jurusan IPS. Kemudian yang non zonasi sebanyak 25 % terdiri dari 56 siswa jurusan IPA dan 16 siswa jurusan IPS, sehingga total keseluruhan siswa yang akan diterima sebanyak 286 siwa itu terdiri dari 224 siswa jurusan IPA dan 64 siswa jurusan IPS.

“Pendaftaran akan dilaksanakan selama 3 hari, pendaftaran akan kami tutup pada hari Rabu tanggal 6 Juni 2018 dan tanggal 7 sudah diumumkan, dan pada tanggal 7 juga dilaksanakan pendaftaran jalur mandiri dan ujian mandiri akan dilaksanakan tanggal 8 Juni bagi yang belum diterima pada pilihan 1 dan 2,” jelasnya. (W9-joko)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.