Hijaukan Pantai, Polres Tulang Bawang Tanam 2500 Pohon

Tulang Bawang, Warta9.com – Untuk menghijaukan pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir Kampung Bumi Dipasena Agung, Kecamatan Rawajitu Timur, Satuan Kepolisian Perairan (Satpol Air), Polres Tulang Bawang menanam 2500 pohon mangrove dipinggir pantai bersama masyarakat, Jum,at (21/02/2020).

Kasat Polair Kompol Suharto mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP Andy Siswantoro, SIK mengatakan, penanaman pohon mangrove tersebut dapat mencegah terjadinya abrasi yang dapat mengganggu keseimbangan alam di daerah pantai.

Selain itu salah satunya untuk mengatasi abrasi, kekeringan dan pemanasan global di pesisir pantai yang paling mudah dilakukani dengan menanam dan pemeliharaan pohon.

“Apalagi pohon mangrove ini mampu menyerap kadar CO2 dalam atmosfer, selain itu pohon juga bermanfaat ganda bagi manusia dan lingkungan yaitu mengatur tata air dan menyuburkan tanah,” jelas Kompol Suharto.

Dia menjelaskan, akar mangrove yang kokoh ini mampu menahan abrasi dan tempat berkembangnya habitat hewan air seperti ikan, kepiting, udang, kerang dan habitat lainnya, tentunya dapat meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat di kawasan pesisir.

“Upaya ini dilakukan memperbanyak pohon dan tanam-tanaman serta melestarikan hutan. Mari kita terus pelihara lingkungan hidup dengan melakukan gaya hidup hijau (go green) dan ramah lingkungan agar kita hidup sehat sejahtera,” papar dia.

Kegiatan penaman pohon mangrove ini, turut hadir personel Satpol Air, Camat Rawajitu Timur Ahmad, Danramil Rawajitu Mayor Haris Nusantara beserta personelnya, Personel Polsek, Kepala Kampung Bumi Dipasena Agung Sukismo, Perhimpunan Petambak Pengusaha Udang Wilayah (P3UW), Senkom Widodo beserta personelnya dan Lembaga Pemerintahan Kampung Bumi Dipasena Agung bersama 200 orang warga. (W9-Wan)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.