oleh

Hindari Gesekan, Pemerintah Kecamatan Mesuji Timur Gelar Deklarasi Damai Pilkades

Mesuji, Warta9.com – Menjelang proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 yang tinggal menghitung hari, Pemerintah Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji menggelar Kesepakatan dan Menandatangani Ikrar Deklarasi Damai, Senin (25/10/2021) .

Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Mesuji Timur, dihadiri Camat Mesuji Timur, M.Belly Oscar.SH.MM, Kapolsek Mesuji Timur, Danramil, BPD, Kepala Desa, Panitia Pilkades, seluruh Calon Kepala Desa dalam Kecamatan setempat serta tamu undangan lainnya.

Pilkades serentak Kabupaten Mesuji dijadwalkan berlangsung 1 November 2021 mendatang, sebanyak 11 dari 20 Desa di Kecamatan Mesuji Timur menggelar pesta demokrasi dengan total Cakades 31 orang.

Camat Mesuji Timur, M.Belly Oscar.SH.MM dalam sambutannya mengatakan, deklarasi damai pilkades serentak 11 Desa di tahun 2021 Kecamatan Mesuji Timur merupakan salah satu momentum yang penting dalam rangkaian tahapan Pilkades.

Menurutnya, sebelum masa kampanye Pilkades berlangsung hal ini sangat tepat bagi panitia Pilkades Kabupaten memfasilitasi adanya deklarasi damai, yang membuktikan adanya kesatuan semangat untuk secara bersama mewujudkan pelaksanaan Pilkades damai, aman dan sejuk,” ujarnya.

Mantan Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Mesuji ini juga menegaskan, deklarasi damai ini bukan sebatas acara seremonial saja, tapi untuk menunjukkan komitmen para calon kades dan seluruh pihak yang terlibat.

“Keberhasilan penyelenggaraan Pilkades sangat ditentukan kerjasama dan koordinasi seluruh pihak, baik calon kades, panitia, pengamanan serta masyarakat. dan diharapkan pelaksanaan demokrasi tingkat desa ini berjalan baik sesuai aturan yang berlaku,” tuturnya.

”Panitia sebagai penyelenggara pemilihan, Calon sebagai peserta Pilkades, Kepolisian yang didukung oleh TNI sebagai yang bertugas mengamankan jalannya Pilkades dan seluruh masyarakat Kabupaten Mesuji, khususnya Desa yang melakukan pemilihan,” .

Kapolsek Mesuji Timur, Iptu. Heri Ramanda mengatakan, untuk terhadap para peserta Pilkades, hendaklah berkompotisi secara sportif dan tidak saling menjelekkan diantara sesama peserta Calon.

”Saya berharap untuk para peserta calon untuk tidak saling menjelekkan antar sesama peserta, hal itu untuk menghindari dari timbulnya hal negatif, peserta juga harus siap dengan lapang dada menerima apapun hasil dari Pilkades nanti,” tukasnya.

Acara diakhiri dengan pembacaan dan penandatangan deklarasi damai oleh para calon kades, perwakilan Panitia, BPD dan unsur Forkopimda Mesuji. (San)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed