Hukum di Indonesia Lebih Bervariasi Dibandingkan Hukum di Jepang

Bandarlampung, Warta9.com – Banyak perbedaan hukum yang ada di sejumlah negara, khususnya di Negara Jepang. Di Jepang hukum hanya meliputi satu suku bangsa.

Yoshiro Kusano, Ketua Tim perangkat hukum Jepang mengatakan, hukum di Indonesia berbeda dengan di Jepang. Di Indonesia katanya, ada hukum yang bernama hukum syariah dan hukum adat serta lebih bervariasi.

“Sementara di Jepang tidak ada dan tentunya itu akan berpengaruh pada pemecahan masalah yang ada. Sedangkan untuk bentuk ruangannya tidak jauh berbeda,” katanya usai melihat beberapa ruang sidang di Pengadilan Negeri Kelas IA, Tanjungkarang, Bandarlampung, Kamis (6/9/2018).

Selain itu, masih kata Yoshiro Kusano, di Jepang hanya ada satu suku bangsa sementara di Indonesia mempunyai banyak suku dan budaya yang banyak dan berbeda beda, Hal itulah yang membuatnya unik dan berbeda dari Jepang.. “Yang paling terpenting adalah melakukan musyawarah antara kedua belah pihak dan kami juga merasa itulah yang perlu kami contoh,” ujarnyanya.

Diketahui, tim perangkat hukum Jepang yang terdiri dari hakim dan lowyer mengunjungi Pengadilan Negeri Kelas IA, Tanjungkarang, Bandarlampung.

Kunjungi tim perangkat hukum Jepang ke Indonesia tersebut dalam rangka melakukan study banding hukum yang ada di Pengadilan Negeri Kelas IA, Tanjungkarang, Bandarlampung.

Dalam kunjungan tersebut, tim perangkat hukum Jepang dipimpin oleh Yoshiro Kusano yang merupakan seorang lowyer dan juga mantan hakim Jepang. (W9-ars)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.