HUT Polri ke 72, Polres Ogan Ilir Gelar Lomba Tradisional Bidar Mini

Indralaya, Warta9.com – Perahu cepat atau Bidar oleh masyarakat di Ogan Ilir, Sumatera Selatan sering kali dibuat perlombaan dalam sejumlah peringatan. Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, Bidar Mini diadakan menjadi langkah awal untuk pengembangan sektor pariwisatanya.

Seperti pada perayaan memperingati Hari Jadi HUT Bhayangkara Ke 72, Polres Ogan Ilir menggelar lomba tradisional adu cepat bidar mini (perahu cepat) yang digelar di Desa Tanjung Baru tepatnya di Sungai Kelekar, Minggu (8/7/2018).

“Lomba ini diadakan untuk meramaikan HUT Bhayangkara ke 72 dalam melestarikan budaya tradisional masyarakat Ogan Ilir, lomba bidar ini sendiri dipilih karna kultur alam desa tanjung baru ini sebagian besar merupakan aliran dari sungai kelekar,” kata Kapolres Ogan Ilir AKBP Gazali Ahmad SIK, MH.

Dalam lomba bidar mini tersebut dihadiri langsung oleh Kapolres OI AKBP Gazali Ahmad SIK, MH, dan di dampingi oleh Bhabinkamtibmas Brigpol Heri indrawan,Budi Harjaya S.Sos, selaku Kepala Desa Tanjung Baru Serta tokoh masyarakat setempat dan ratusan warga sekitar.

Gazali mengatakan, sejak persiapan kegiatan lomba dimulai pagi hinggah sore hari di Sungai Kelekar Tanjung Baru Ogan ilir. Warga dan para peserta ramai memenuhi sepanjang tepian Jembatan untuk menyaksikan jalannya lomba Bidar Mini dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke 72 di Desa Tanjung Baru Ogan Ilir.

“Lomba diikuti 40 tim peserta bidar Mini dari berbagai daerah kecamatan di wilayah Kabupaten Ogan Ilir. Seperti Desa Burai, Desa Permata, Desa Pering serta diikutioleh anggota Bhabinkamtibmas Polres Ogan Ilir dan beberapa desa lainnya. Momentum HUT Polri Ke 72 dengan tujuan untuk memasyarakatkan dan melestarikan olahraga Bidar Mini sebagai olahraga tradisional di Kabupaten Ogan Ilir. Selain Itu juga kegiatan ini murni diselengarakan oleh Polres Ogan Ilir dalam rangkah memperingati Hari Bhayangkara ke 72 dan tidak ada tujuan lain,” tegas Kapolres.

Selain warga yang menonton jalannya lomba, lomba Bidar Mini menjadi moment yang menguntungkan bagi masyarakat sekitar yang berdagang makanan dan minuman di tempat lokasi lomba jeramaian tersebut. (W9-Yudi)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.