oleh

Imbas Kerumunan “BTS Meal” Gerai McDonald’s di Sejumlah Daerah Disegel

Jakarta, Warta9.com – Sejumlah gerai McDonald’s di Jakarta dan daerah-daerah disegel karena melanggar protokol kesehatan (prokes).

Di Jakarta kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin, pihaknya sudah menutup sementara 5 gerai atau restoran cepat saji McDonald’s karena terjadinya kerumunan di tempat tersebut.

Kerumunan ini merupakan imbas dari peluncuran paket BTS meal. “Kan di pusat sudah lima ditutup,” ujar Arifin saat dihubungi wartawan, Rabu (9/6/2021).

Kelima gerai ini, kata Arifin berada di wilayah Jakarta Pusat, seperti di Stasiun Gambir, Raden Saleh, dan Jalan Tambak. Wilayah lain, tutur dia, belum melaporkan, namun tidak menutup kemungkinan diberikan sanksi jika terbukti melanggar protokol kesehatan. “Wilayah kota lain belum melaporkan,” tandas Arifin.

Selain sanksi penutupan sementara, lanjut Arifin, pihaknya akan memberikan sanksi teguran tertulis dan denda. Sanksi yang diberikan sesuai dengan tingkat pelanggaran masing-masing gerai MacDonald’s. “Tergantung tingkat pelanggarannya. itu masing-masing Satpol PP wilayah kota yang tahu lah,” pungkasnya.

Di Bandung 2 Gerai McDonald’s Disegel
Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung menyegel dua gerai McDonald’s. Penyegelan akibat kerumunan menu BTS Meal.

Kepala Pol PP Bandung Rasdian Setiadi mengatakan, selain menyegel dua outlet di Buah Batu dan Cibiru, sesuai Perwali maka semua gerai akan mendapat sanksi.

Di Medan Antrean Dibubarkan
Warga Kota Medan antusias menyambut BTS Meal yang merupakan menu baru dari restoran makan cepat saji, McDonald’s bekerjasama dengan Boy Band asal Korea Selatan. Namun, peluncuran menu baru ini pada Rabu 9 Juni, justru memunculkan kerumunan warga dengan pelanggaram protokol kesehatan.

Pantauan di gerai McDonald’s di Jalan SM Raja, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, kerumunan terjadi sejak pagi hari. Tapi, pelayanan dibuka pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Kerumunan tersebut didominasi driver ojek online yang menerima orderan ‘BTS Meal’ dari pelanggan. Ada juga warga ikut mengantre menu makan baru dari McD tersebut. Tapi akibat kerumunan, Polisi dan Satgas Covid-19 membubarkan kerumunan massa mayoritas Ojol.

Satpol PP Tutup Gerai McDonald’s Semarang
Promo BTS Meal di gerai McDonald’s Semarang Jawa Tengah, menimbulkan kerumunan orang yang antre makanan hingga luber di luar area resto. Kerumunan justru terjadi di tengah pandemi COVID-19.

Untuk itu, Satpol PP bertindak tegas, membubarkan kerumunan dan menutup gerai cepat saji tersebut, Rabu 9 Juni 2021.

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto menegaskan, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat tentang apa yang terjadi di restoran McDonald’s di sebuah mal kawasan Simpang Lima.

Di Malang Polisi Tutup Aplikasi
Kerumunan para driiver ojek online (Ojol) terjadi di McDonalds Sarinah Basuki Rahmat, Klojen Kota Malang, Rabu, 9 Juni 2021. Kerumunan ini dipicu oleh promosi paket makanan dengan harga yang cukup murah dalam jumlah yang banyak, yakni ‘limited time collab the BTS Meal.

Kapolsek Klojen, Komisaris Polisi Nadzir Syah Basri mengatakan, pengelola McD Sarinah tidak menduga bahwa akan terjadi kerumunan hingga antrean mengular akibat promosi paket makanan yang mereka tawarkan. Setelah mendapat laporan dan mendatangi lokasi, polisi akhirya meminta aplikasi Ojol yang menjual promosi di McD ini untuk sementara ditutup. (W9-jm)

 

 

 

 

banner 728x90

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed