Ini Pesan Pj Bupati Tubaba Dimomen Hari Lahir Pancasila

Panaragan, Warta9.com – Pemkab Tulangbawang Barat upacara memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Lapangan Kantor Bupati, Kamis (15/08/2023). Giat tersebut dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Tubaba, Drs. M Firsada, M.Si.

M Firsada menjelaskan, tepat 78 tahun yang lalu 1 Juni 1945, bangsa Indonesia sepakat menjadikan Pancasila sebagai ideologi Negara yang digali dari nilai luhur bangsa.

Bacaan Lainnya

“Ideologi yang meneguhkan Indonesia menjadi bangsa dan negara yang berdaulat seutuhnya, ideologi yang digali dari nilai luhur bangsa yang mempersatukan keragaman manusia dari Sabang hingga Merauke ke dalam negara kesatuan Republik Indonesia,” tutur Firsada.

Pancasila ujar Firsada, sebagai acuan membangun peradaban dan pertumbuhan global sejalan dengan esensi filosofi dari Pancasila yang mengedepankan nilai-nilai luhur yang berlaku secara universal.

“Sebagai generasi penerus perjuangan bangsa, kita harus selalu ingat akan pidato Presiden Soekarno di depan sidang umum PBB pada 30 September 1960, pidato ini telah menjadi memori kolektif dunia,” imbuhnya.

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Lampung ini juga mengatakan, Presiden Soekarno memperkenalkan Pancasila sebagai prinsip hidup bangsa Indonesia, dengan konsepsi wilayah yang menjadi dasar bagi membangun peradaban dunia, yakni kepercayaan kepada Tuhan, kemanusiaan, kebangsaan, demokrasi dan keadilan sosial.

“Konsepsi ini adalah solusi bagi seluruh bangsa di dunia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang belakangan ini cenderung stagnan, bahkan menurun pasca pandemi global di akhir tahun 2019 yang lalu,” jelasnya.

Menurutnya, penting untuk kembali meneguhkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita saat ini. Terlebih dalam menghadapi gelaran pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang.

“Kita perlu mengedepankan Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa, agar hajat demokrasi dapat berjalan dengan lancar sukses dan aman. Hajat demokrasi yang memberikan keyakinan bahwa kita mampu dan pantas menjadi pendorong bagi pembangunan peradaban dan pertumbuhan secara global,” pungkasnya.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila diikuti oleh seluruh ASN dilingkungan Pemkab Tubaba, TNI/POLRI, Tokoh Adat, Pramuka dan para Pelajar.

Sedangkan pembaca naskah Pancasila Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho, dan pembaca pembukaan UUD 45 Kaban Kesbangpol Tubaba A. Marwazi, S.E., M.H. (W9-Nan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.