Jelang Pilkati Serentak, Pemkab Tubaba Imbau Aparatur Tiyuh Netral

Panaragan, Warta9.com – Pemkab Tulangbawang Barat mengimbau masyarakat di 19 tiyuh/desa yang akan menggelar pemilihan kepala tiyuh secara serentak pada 10 Oktober 2018 mendatang, dapat mentaati peraturan yang telah di tetapkan.

Kepala Bagian Tata Kepemerintahan (Tapem) Pemkab Tubaba, Somad, mengatakan Pilkati itu berdasarkan peraturan Bupati Kabupaten Tulangbawang Barat, Nomor : B/90/L01/HK/TUBABA/2018. Tentang penetapan jadwal dan tahapan pemilihan setentak di Kabupaten Tubaba Tahun 2018.

“Hal itu terkait pada tanggal 10 Oktober 2018 mendatang, Pemerintah Kabupaten Tubaba akan mengadakan pemilihan kepalo tiyuh/desa secara serentak yang diikuti 19 tiyuh se-Tubaba,” katanya, Rabu (5/9).

Adapun 19 tiyuh tersebut yakni, lima tiyuh dari Kecamatan Tumijajar, tiga dari Kecamatan Tulangbawang Tengah, dua dari Kecamatan Lambu kibang, dua dari Kecamatan Way kenanga, satu di Kecamatan Gunung terang, satu Kecamatan Gunung Agung dan lima tiyuh dari Kecamatan Batu putih.

“Jadwal pemungutan suara dan rekapitulasi perolehan suara para calon dijadwalkan pada tanggal 10 Oktober 2018, dilanjutkan dengan laporan panitia kepada BPT pada tanggal 11 hingga 17 Oktober. Sedangkan laporan penetapan calon terpilih oleh BPT ke bupati 18-24 Oktober,” paparnya.

Mengenai Penetapan calon, lanjut Somad, berdasarkan surat keputusan bupati pada tanggal 24 Oktober hingga 22 November. Kemudian akan dilanjutkan dengan pelantikan kepada kepalo tiyuh yang terpilih pada tanggal 23 November – 22 Desember.

Untuk itu, masih kata Somad, dirinya menghimbau agar masyarakat ataupun panitia pemilihan untuk dapat netral dan mengajak seluruh masyarakat mensukseskan pemilihan kepalo tiyuh tersebut. “Saya harapkan dari sekarang hingga pemilihan nanti masyarakat dapat menjaga situasi aman dan kondusip.jangan manepolitik, biarkan masyarakat memilih sesuai hatinurani,” harapnya.

“Mengenai jadwal kampanye untuk para calon kepalo tiyuh itu sendiri sudah dijadwalkan, yaitu pada tanggal 4-6 oktpber 2018 (selama tiga hari) sedangkan masa tengan dijadwalkan pada tanggal 7-9 Oktober,” tutup Somad. (W9-Hadi)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.