Jelang Ramadhan, Karyawan PTPN VII Donor Darah

Bandarlampung, Warta9.com – Menjelang datsngnys bulan Ramadhan, PTPN VII kembali menggelar donor darah, di Kompleks Kantor Direksi, Bandarlampung, Selasa (8/5/18).

Sebanyak 91 kantong darah berhasil digalang pada program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang difasilitasi PMI Lampung itu.

Agenda rutin setiap tiga bulan ini diikuti karyawan dari Kantor Direksi dan Unit terdekat. Antusiasme karyawan untuk mengikuti donor, menurut Kasubbag Humas dan Biro Direksi PTPN VII Arif Syaifudin Zuhri, karena kesadaran makna kemanusiaan yang tinggi. “Donor darah itu menyehatkan dan membikin hidup tambah berkah. Alhamdulillah, nilai itu tumbuh subur pada karyawan PTPN VII,” kata dia.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin Bagian Sekretariat Perusahaan Subagian Protokoler, Humas dan Biro Direksi. Arif menyebutkan, momen menjelang Bulan Puasa menjadi waktu terbaik untuk donor.

Sebab, kata dia, ketika orang-orang berpuasa, pasokan darah di PMI berkurang. “Ini bentuk kepedulian PTPN VII kepada sesama yang membutuhkan darah. Peserta donor darah adalah karyawan dari Kantor Direksi, dari Unit Way Berulu, Rejosari dan Pematang Kiwah, Kedaton, Bergen, dan keluarga karyawan,” tambah dia.

Pada kesempatan itu Arif mengucapkan terima kasih kepada para karyawan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dan ikut mendonorkan darahnya. Semoga kedepan akan terus bertambah partisipasi karyawan dalam kegiatan ini, ujarnya.

Sementara itu, dr. Mia dari Unit Transfusi Darah PMI Provinsi Lampung, mengatakan kami sangat terbantu dengan partisipasi PTPN VII yang secara rutin menggelar kegiatan semacam ini. Dan telah menjadi contoh organisasi, perusahaan untuk mengadakan kegiatan yang sama.

Menurut data kebutuhan darah untuk mencukupi kebutuhan rumah sakit di Provinsi Lampung dalam satu bulan mencapai 5.000 kantong.

Khusus RS Umum Abdul Moeloek setiap bulan bisa mencapai 2.000-3.000 kantong. Dan PMI baru bisa memenuhi kebutuhan darah rumah sakit di Lampung baru 75-80 persen saja.

Untuk itu, tambah dr. Mira, PMI terus melakukan sosialisasi ke masyarakat agar mau mendonorkan darahnya. Bagi masyarakat yang belum sempat untuk menyumbangkan darahnya pada minggu ini, pada bulan Ramadan pun kegiatan ini dapat dilaksanakan setelah berbuka.

Untuk Ramadan PMI bekerjaama dengan pusat perbelanjaan menyediakan ruangan bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

Ia menjelaskan ada 8 manfaat yang didapatkan dari kegiatan ini diantaranya mengurangi penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan risiko kanker, meningkatkan produksi darah, pikiran lebih stabil, bagian dari periksa kesehatan, menjadi lansia yang sehat, dan menurunkan kolesterol. (W9-jam)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.