Jokowi Perintahkan Segera Selesaikan Ganti Rugi Tol yang Tercecer

Lampung Selatan, Warta9.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi), memerintahkan kepada jajaranya segera menyelesaikan adanya ganti rugi lahan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Perintah itu disampaikan Jokowi, menanggapi pertanyaan wartawan, usai meresmikan JTTS di pintu gerbang tol Natar Lampung Selatan, Jumat (8/3/2019).

Jokowi yang didampingi Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, Menteri PUPR, Menteri BUMN, Menteri Perhubungan ini menilai, dalam pekerjaan besar seperti tol trans Sumatera wajar kalau masih ada masalah. Terkait ganti rugi lahan yang masih ada masalah, Jokowi memerintahkan segera diselesaikan.

“Iya mau saya cek. Biasa dalam pekerjaan besar seperti ini, masih ada yang tercecer satu dua. Yang penting setelah selesai ini selesaikan,” kata Presiden.

Jokowi mengatakan, dengan telah beroperasinya JTTS, harapannya semakin banyak investor yang mau berusaha di Lampung. Juni nanti kata Presiden akan sampai Palembang Sumatera Selatan, panjangnya 350 Km. Sedangkan untuk bisa sampai ke Nangroe Aceh Darussalam diperkirakan selesai 2024. “Sudah kita cek bolak-balik untuk jalan tol sampai ke Aceh selesai tahun 2024. Sudah dihitung bolak balik tidak bisa lebih cepat dari tahun 2024,” ujar Presiden.

Diberitakan sebelumnya, meski negara sudah membayar tetapi uang ganti ruginya masih transit di Pengadilan Sebagaimana Pasal 42 UU No. 2 Tahun 2012 Tentang pengadaan tanah untuk kepentingan umum, akan tetapi negara diduga tidak pernah perduli karena arogansi negara yang menganggap sudah membayar lalu rakyat dibiarkan berdarah-darah dan meringis untuk mendapatkan haknya hingga bertahun-tahun (contoh pembebasan Gas Negara PT. PGN Negeri Besar Way Kanan yang tuntas setelah 14 Tahun). (W9-jam/ars)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.