Jon Edwar : Pengusaha Waralaba Harus Perhatikan Kehidupan Masyarakat Sekitar

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pesisir Barat Drs. Jon Edwar, M.Pd. Poto : (Edi/W9)

Pesisir Barat, Warta9.com – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pesisir Barat Drs. Jon Edwar, M.Pd, menegaskan Pemkab Pesibar dengan terbuka memberikan peluang investor baik lokal atau pihak luar untuk berinvestasi atau membuka usaha di Bumi Para Saibatin ini.

Demikian diungkapkan Jon Edwar, kepada warta9.com, merespon menjamurnya usaha waralaba (Alfamart-Indomart) yang tersebar di Pesisir Barat, Rabu (16/5/2018).

Jon menuturkan, tentu segala bentuk usaha yang ada di Pesisir Barat harus memiliki legalitas yang jelas. “Kita siap menerbitkan izin, setelah melalui tahapan pra-syarat penerbitan izin itu sendiri. Mari berinvestasi disini, proses perizinannya akan kita permudah,” ucap Jon.

Terkait usaha waralaba, lanjutnya, pihak pengusaha harus memperhatikan acuan dalam pendirian sebuah usaha market modern tersebut. “Pengusaha tidak boleh mematikan keberadaan warung-warung kecil, pedomannya satu kecamatan satu bangunan. Namun terdapat juga aturan yang membolehkan lebih dari satu per-kecamatan dengan standar jarak 500 meter. Tapi pedoman kami adalah tingkat efektifitas dan kenyamanan warga sekitar, khususnya pedagang kecil,” paparnya.

Terkait para investor pihaknya tidak akan mempersulit segala jenis perizinan, kendati demikian DPMPTSP Pesisir Barat juga tidak bisa mengesampingkan keberadaan usaha masyarakat semisal warung kelontongan. “Jika keberadaan sebuah waralaba lebih kepada menurunnya usaha kecil (warung), maka pendiriannya tidak kita izinkan,” tegasnya. (W9-Edison)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.