Kabupaten OKI Raih Dua Penghargaan Terbaik Pertama

Kayuagung, Warta9.com – Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan RI melalui Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan. Dua penghargaan Kinerja Pelaksanaan Dana Desa terbaik itu, diserahkan dalam Rapat koordinasi penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun anggaran 2017 lingkup Provinsi Sumatera Selatan di Palembang, Selasa (7/8/2018).

“Penghargaan ini diterima Kabupaten OKI untuk ketegori pengelolaan sebagai daerah dengan Kinerja Pelaksanaan Dana Desa terbaik 1 tahun anggaran 2017 Tingkat Provinsi Sumatera Selatan,” ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten OKI, Ir Mun’Im, MM.

Penghargaan tersebut, lanjut dia, diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi, Sudarso yang dihadiri oleh BPKAD, DPMD, Insfektorat dan Kepala Desa se Sumatera Selatan.

Diia juga mengatakan, penghargaan tersebut baru pertama kalinya diberikan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan semenjak dialihkan wewenang penyaluran dana desa dan DAK ke KPPN sejak tahun 2017.

“Kabupaten OKI berhasil menyandingkan kedua penghargaan tersebut, yakni terbaik pertama untuk pelaporan dana DAK dan dana desa (DD) tahun 2017 se-Sumatera Selatan. Setelah sebelumnya diadakan penilaian oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan,” kata Mun’Im.

Diketahui bahwa hasil penilaian dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi untuk Kategori Kinerja Pengelolaan Dana Desa TA 2017 yaitu peringkat 1 diraih Kabupaten OKI, peringkat 2 diraih Kabupaten Empat Lawang. “Sedangkan peringkat 3 diraih Kabupaten OKU Selatan, sepanjang tahun ini,” terangnya.

Bupati OKI, H. Iskandar, SE menyatakan dirinya mengapresiasi atas penilaian Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumsel yang telah menempatkan Kabupaten OKI dalam mendapatkan penghargaan Kinerja Kinerja Pelaksanaan Dana Desa Terbaik 1 TA 2017 se Provinsi Sumsel.

Dirinya juga berharap penghargaan ini akan membuat Pemkab OKI semakin termotivasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Selain itu, dirinya juga mengapresiasi terhadap kinerja aparatur terkait baik itu dari tingkat desa maupun OPD.

“Tentunya kita mengapresiasi kepada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepri karena Kabupaten OKI dinilai sebagai Terbaik 1 dalam Kinerja Pelaksanaan Dana Desa TA 2017 se Sumsel,” terang dia.

“Kita juga mengapresiasi atas kerja keras aparatur yang dimulai dari tingkat desa hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bekerja keras guna memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat melalui pembangunan sarana prasarana serta penyaluran dana desa yang bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ujarnya lagi.

Sementara itu. Kepala Dinas PMD, Hj Nursula S.sos mengatakan, ada beberapa kriteria penilaian mulai dari tertib administrasi penyaluran administrasi perencanaan tingkat desa (RPJMDesa), RKPDesa, APBDesa progres pelaksanaan pembangunan ditingkat desa dan pelaporan penata usahaan keuangan desa.

Dirinya berharap, dengan diraihnya penghargaan ini dapat memotivasi desa-desa yang ada di OKI dan lebih meningkatkan lagi kinerjanya baik dalam hal penyusunan administrasi pelaporan dan penatausahaan keuangan desa tepat waktu dan progres pembangunan ditingkat desa dapat dirasakan oleh masyarakat yang murni dari kebutuhan desa tersebut. “Ini sejalan dengan program pak Bupati membangun OKI dari desa,” ungkapnya.

Menurutnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa terus berupaya dalam usaha memberikan pelayanan kepada aparatur desa agar penyerapan anggaran desa dapat berjalan dengan baik, benar dan tepat sasaran.

”Tentunya tugas penting kita saat ini adalah memberikan pendampingan agar penyaluran dana desa dapat berjalan dengan maksimal,” tutupnya.(W9-Indra)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.