Kadis LH Sosialisasikan Budidaya Tanaman Hindroponik

Gunungsitoli, Warta9.com – Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman, kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

Hal ini telah di sosialisasikan di enam Kecamatan se-Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Dua sekolah Adiwiyata menadapat piagam nasional seperti SD Mutiara Gunungsitoli dan SD 1 Gunungsitoli.

Sementara tingkat provinsi SMP swasta Bunga Mawar dan SMP swasta masyarakat Damai di Madula.

“Di sekolah lain sedang kita bina seperti SMP Negeri 1 Gunungsitoli Alo’oa, dan sejumlah sekolah lainnya,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Yarniwati Gulo, S.Sos, M.Si saat kepada wartawan di kantornya Senin, (07/10/2019).

Dikatakannya, ada 15 jenis tanaman yang bisa ditanam dengan sisitem hidrponik antara lain tomat, kangkung, bayam, timun, seladri dan sejumlah tanaman sayur lainnya.

“Tujuan kita melakukan ini yaitu, bagaimana sekolah adiwiyata indikatornya diharapkan bisa mengembangkan dan membuktikan kepada mereka bertanam yang sebenarnya dengan melakukan pembinaan disekolah-sekolah calon adiwiyata, untuk memanfaatkan pekarangan rumah dan mengajak pihak sekolah menggunakan penghematan indikator yang bisa dimunculkan dan masih banyak hal-hal lain yang dipresentasikan kedepan tentang green house,” tandasnya.

Sementara Kepala sekolah SDN.0709 Hilina’a Meriba Xebua, mengatakan budidaya tanaman hidroponik yang sedang di kembangkan di Dinas Lingkungan Hidup sangat cocok menjadi hiasan halaman apalagi sampah.

“Seperti botol Aqua yang menjadi bahan kreatif anak-anak untuk dijadikan pot bunga di sekolah. Dan kita berharap agar kota Gunungsiroli menjadi kota yang bersih, nyaman dan berdaya saing,” tuturnya. (fatiwanolo)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.