Kartu Petani Berjaya Siap Launching Desember 2019

Bandarlampung, Warta9.com – Sementara itu, Tim Perumus Kartu Petani Berjaya (KPB) Prof. Dr. Yusuf Sulfarano Barusman, MBA, mengatakan Program KPB sendiri ditargetkan akan dilaunching pada Desember 2019 mendatang.

Yusuf mengatakan sekitar tiga hingga lima Kabupaten siap melakukan launching Program KPB secara bertahap. Namun tidak menutup kemungkinan, peluncuran juga dilakukan di 15 Kabupaten/Kota.

“Diawali dengan beberapa Kabupaten yakni 3 hingga 5 Kabupaten dahulu dan bertahap, disetiap bulan mungkin akan ada launching. Tetapi 15 Kabupaten/Kota juga bisa, tinggal kesiapan infrastruktur level desanya, saya pikir bisa,” ujar Yusuf, pada Konsolidasi Pembangunan Pertanian Melalui Program KPB, di Balai Pelatihan Pertanian Lampung (BPPL), Kamis (3/10/2019).

Yusuf mengatakan teknologi informasi KPB sudah siap diujicobakan. Tinggal pada sistem di lapangannya. “Untuk uji coba di teknologi informasi sudah oke tinggal sekarang sistem di lapangannya bisa bekerja, yakni dengan mengadakan bimtek seperti ini. Yang jelas untuk saat ini kita sudah tahu peta profil masing-masing petani dari 700 ribuan lebih petani seperti dimana petani itu tinggal, menanam apa dia, berapa luas lahannya, kondisi keluarganya bagaimana kita sudah tahu,” katanya.

Program KPB sendiri, nantinya akan bisa diakses melalui website kartupetaniberjaya.com dan akan hadir pada aplikasi di smartphone.
“Nanti pak Gubernur juga bisa mengakses melalui aplikasi dengan memiliki dashboard sendiri untuk mengetahui perkembangan dari KPB,” ujarnya.

Pada acara ini, Gubernur Arinal secara simbolis memberikan bantuan Alsintan pompa air 6 inch sebanyak 4 unit kepada Gapoktan Usaha Muda Desa Rejo Mulyo Kecamatan Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur.

Juga, bantuan Alsintan pompa air 6 inch sebanyak 4 unit kepada Gapoktan Sumber Rejeki Desa Kedung Ringin Kecamatan Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur dan bantuan Alsintan pompa air 3 inch sebanyak 2 unit kepada Gapoktan Sumber Rejeki Desa Pasir Sakti Kecamatan Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur.

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal juga melakukan panen melon di kebun percontohan BPPL dan melakukan peninjauan ke laboratorium pengolahan hasil pertanian. (W9-jam)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.