oleh

Kemendikbudristek Tunjuk Universitas Teknokrat Gelar Konferensi Internasional

Kepala LLDIKTI Wilayah II Prof. Yuliansyah membuka Konferensi Internasional International Conference on Language, Linguistics, Literature, and Education. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia menunjuk Universitas Teknokrat Indonesia sebagai Co-host International Conference on Language, Linguistics, Literature, and Education.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala LLDIKTI Wilayah II, Prof. Yuliansyah, Ph.D, secara daring, Jumat (27/8/2021).

Prof Yuliansyah menyampaikan, pihaknya mendukung Universitas Teknokrat Indonesia sebagai salah satu kampus terbaik di Sumatera menyelenggarakan konferensi internasional yang diikuti oleh 8 negara yakni Singapura, Malaysia, Filipina, India, Bangladesh, Turki, Aljazair, dan Indonesia.

Lebih lanjut Prof Yuliansyah mengatakan, Konferensi Internasional ini diselenggarakan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian. “Kegiatan konferensi ini diharapkan menjadi salah satu strategi dalam mempercepat publikasi dosen dalam memenuhi kegiatan tridarma Pendidikan,” kata Prof Yuliansyah.

Lebih lenjut Prof Yuliansyah menjelaskan, LLDIKTI Wilayah II masih memiliki 11 kegiatan Konferensi Internasional lainnya. Oleh karena itu, ia menyambut baik Universitas Teknokrat Indonesia dapat menjadi mitra LLDIKTI Wilayah II dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

Wakil Rektor I Mahathir Muhammad menyampaikan dambutan pada International Conference on Language, Linguistics, Literature, and Education.(foto : ist)

Sementara itu, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM, menekankan pentingnya suatu wadah forum diskusi dan pertukaran informasi antara dosen, guru, praktisi dan mahasiswa, dari berbagai universitas baik dalam maupun luar negeri.

“Kami ingin melalui konferensi kita dapat menemukan solusi dan praktik baik dalam mengatasi permasalahan pendidikan saat ini, terutama penerapan pembelajaran digital di masa pandemi COVID-19,” kata Mahathir dalam sambutannya dalam Bahasa Inggris itu.

Selain itu, kata Mahathir, Universitas Teknokrat Indonesia juga membuka peluang Kerjasama Internasional dalam rangka pendiidkan dan kolaborasi riset di bidang kajian bahasa, linguistik, sastra, dan pendidikan.

Dengan mengangkat tema “Promoting digital Learning and research collaboration in language, linguistics, and literature”, konferensi yang bergengsi ini berlangsung secara virtual selama dua hari 27-28 Agustus 2021.

Dekan FSIP Universitas Teknokrat Akhyar Rido salah satu pembicara International Conference on Language, Linguistics, Literature, and Education. (foto : ist)

Dari Indonesia sendiri, peserta berasal dari 21 provinsi dari 5 pulau yaitu Bali, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.
Konferensi ini menghadirkan pembicara sesi utama (keynote speaker) Dr. Willy A Renandya, dari Nanyang Technological University, Singapura, dan pembicara sesi pleno (plenary speaker), Assoc. Prof. Tan Kim Hua, dari Universitas Kebangsaan Malaysia, Prof. Manneke Budiman, S.S., M.A., Ph.D, dari Universitas Indonesia, Eri Kurniawan, MA., Ph.D dari Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd from Universitas Negeri Surabaya, Dr. H. Syahruddin Saleh, M.Kes dari Universitas Negeri Makasar, Dr. Ervina Simatupang, M.Hum dari Universitas Widyatama Bandung, dan Akhyar Rido, Ph.D dari Universitas Teknokrat Indonesia.

Konferensi Internasional juga dihadiri oleh hampir 300 peserta dan 200 pemakalah. Antusiasme peserta terlihat dari diskusi aktif pada sesi utama, sesi pleno dan, sesi parallel.
Selanjutnya, makalah yang dipresentasikan pada konferensi internasional ini akan dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi Sinta, prosiding ber-ISSN, dan book chapter ber-ISBN nasional. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed