Ketua DPRD Mingrum Gumay Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 di Provinsi Lampung

 

Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay menjadi inspektur upacara peringatan hari Pahlawan ke-78. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Pemerintah Provinsi Lampung menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78, di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur, Bandarlampung, Jumat (10/11/2023).

Upacara dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay sebagai Inspektur Upacara, membacakan amanat Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Mingrum Gumay menyampaikan, bahwa Hari Pahlawan ke-78 ini mengusung tema Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.

“Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” jelasnya.

Menurut Mingrum, hal itu merupakan tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara.

“Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan,” tambahnya.

Mingrum Gumay menuturkan bahwa para pahlawan telah mengajarkan bahwa bangsa Indonesia bukan bangsa pecundang.

“Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” ujarnya. “Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” tambahnya.

Pada bagian lain, sebagaimana amanat Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Mingrum Gumay menyampaikan Pemerintah Republik Indonesia telah menyetujui Gelar Pahlawan Nasional untuk KH Ahmad Hanafiah yang merupakan seorang pejuang kemerdekaan sekaligus ulama berpengaruh dari Kota Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

“Alhamdulillah, Provinsi Lampung saat ini memiliki 2 (dua) Pahlawan Nasional, yaitu Raden Intan II dan KH Ahmad Hanafiah,” ujarnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak pengusul yang memiliki gagasan besar dalam mengusulkan KH. Ahmad Hanafiah sebagai pahlawan nasional dari Provinsi Lampung. Saya yakin Provinsi Lampung akan semakin besar dan dikenal melalui tokoh-tokoh pahlawan sejarah yang kita punya,” tutupnya. “Selamat Hari Pahlawan tahun 2023,” tegas Mingrum Gumay.

Upacara ini diikuti oleh anggota Forkopimda Provinsi Lampung, para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan para Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). (W9-jm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.