Ketua Tim Greenmetric UI Puji Pengelolaan Lingkungan Kampus UIN Raden Lampung

Bandarlampung, Warta9.com – Ketua Tim UI Greenmetric Prof Dr Riri Fitri Sari MM, mengapresiasi dan memuji pengelolaan lingkungan kampus UIN Raden Intan Lampung. Menurutnya, potensi kampus UIN ini bisa berkembang lebih baik dan hijau lagi.

Ia mengatakan, dengan potensi yang di miliki UIN Lampung, ia yakin UIN dapat meningkatkan rankingnya terkait ecocampus. Hal tersebut disampaikan saat memberikan pemaparan pada raker UIN tahun 2019 di ruang seminar kampus setempat, Senin (18/3/2019).

“Dengan melihat secara langsung, saya yakin UIN Raden Intan dapat lebih baik. Apalagi dengan leadership pak Rektor dan dukungan seluruh sivitas UIN,” ungkapnya.

Prof Riri menjelaskan poin-poin yang termasuk ke dalam penilaian lembaganya itu. Ada 6 bidang yang dinilai oleh UI GreenMetric, yaitu penataan dan infrastruktur; energi dan perubahan iklim; limbah; air; transportasi; serta pendidikan dan penelitian.

Dalam rapat kerja (raker) tahun 2019 pada 18-22 Maret, UIN Raden Intan juga membahas persiapan untuk masuk ke dalam 10 besar kampus hijau penilaian UI GreenMetric.

Seperti yang di katakan Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg, untuk mencapai kampus hijau tentunya memerlukan sejumlah perencanaan dan persiapan yang matang. “Insyaallah kita akan menuju 10 besar kampus hijau pada tahun (2019) ini,” ungkapnya.

Salah satu agenda pada raker 2019 ini adalah mematangkan rencana pengembangan kampus hijau (ecocampus). Hal tersebut didasari oleh visi UIN yaitu terwujudnya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sebagai rujukan Internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035.

Menurut Rektor, perlu kesadaran dan kebersamaan bersama untuk mewujudkan visi tersebut. Inipun sejalan dengan sasaran raker 2019 yakni diperolehnya kesamaan pandangan, semangat kebersamaan, dan kerjasama dalam penyelenggaraan pelayanan di UIN Raden Intan Lampung.

UI GreenMetric merupakan lembaga di bawah Universitas Indonesia yang menilai kampus hijau dan berwawasan lingkungan di seluruh dunia. Dari penilaian lembaga ini, tahun 2018 UIN berada di peringkat 18 diantara perguruan tinggi se-Indonesia dan peringkat 337 diantara perguruan tinggi di dunia terkait komitmen universitas terhadap penghijauan dan keberlanjutan lingkungan. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.