oleh

KPU RI Resmikan Rumah Pintar Pemilu di Kota Batu

-Jawa Timur, Politik-1082 Dilihat

Malang, Warta9.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Jatim Park 1, Kota Batu, Jawa Timur. Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman, Jumat (24/1/2020).

Menurut Arief Budiman hadirnya RPP Nasional  bertema ‘Wisata Demokrasi dan Pemilu’ ini, diharapkan wisatawan yang datang ke Jatim Park 1 tidak hanya sekedar bertamasya. Namun, juga mendapatkan pemahaman pendidikan pemilu dan demokrasi (eduwisata).

Berdasarkan data yang di himpun pasca berdirinya RPP Nasional Jatim Park 1 pada akhir tahun 2019, angka kunjungan wisatawan telah mencapai 13 ribu orang. Untuk itu dia berharap RPP bisa menjadi sarana edukasi bagi wisatawan yang melancong ke Jatim Park.

“Melalui Rumah Pintar Pemilu ini diharapkan masyarakat bisa mengetahui ada pemilu di Indonesia,” tuturnya.

Sementara Ketua KPU Kota Batu Mardiono menjelaskan tujuan didirikannya RPP Nasional ini untuk meningkatkan edukasi masyarakat tentang politik, demokrasi dan kepemiluan.

Selain itu, juga untuk mempertahankan angka partisipasi masyarakat Pemilu di Kota Batu yang mencapai 87,44 persen pada pemilu serentak tahun 2019. Untuk itu pada Pemilu memdatang diharapkan partisipasi masyarakat lebih meningkat.

“RPP Nasional ini merupakan satu-satunya di Indonesia bekerja sama dengan pihak swasta perusahaan pariwisata. Di dalamnya meliputi edukasi pemilu dalam bentuk audio visual, mini perpustakaan, zona hoax dan ruang simulasi” tambahnya.

Berkaca dari kesuksesan RPP Nasional pertama yang didirikan di Kawasan Pintar Pemilu, Daerah Istimewa Yogyakarta, RPP Nasional Jatim Park 1 juga diharapkan dapat menarik wisatawan.

Selain Ketua KPU RI Arief Budiman, peresmian RPP juga dihadiri Wakil Wali Kota Batu Punjul santoso, Kapolres Batu, Ketua KPU Kota batu, KPU Provinsi dan Basnas. (W9-SO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed