oleh

KPUD Tubaba Harapkan Pemilu 2024 Berjalan Luber dan Jurdil

Peluncuran tahapan Pemilu secara virtual di halaman kantor KPU Tulangbawang Barat.

Tubaba, Warta9.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tulangbawang Barat, Lampung siap melaksanakan tahapan Pemilu serentak 2024.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Tulangbawang Barat, Cecep Ramdani, Rabu (15/06/22) usai mengikuti peluncuran tahapan pemilu 2024 secara virtual, petang kemarin.

Menurut Cecep, per tanggal 14 Juni 2022 tadi malam merupakan awal tahapan pemilu serentak secara nasional dimulai.

Tanggal tersebut merujuk pada ketentuan perundangan-undangan No 07 pasal 167 tahun 2017, tentang taman pemilu dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

“Hari pemungutan suara itu diputuskan pada 14 Februari 2024. Ini juga berdasarkan UUD 1945 Pasal 22 E bahwa pemilu dilaksanakan setiap 5 tahun sekali,” kata Cecep kepada warta9.com melalui pesan singkat WhatsApp.

Peluncuran tahapan Pemilu 2024 ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh para tokoh-tokoh pemangku kepentingan. Sirine tersebut sebagai tanda dimulainya hitung mundur hingga hari pencoblosan yaitu 610 hari.

“Dengan digelarnya peluncuran ini, menegaskan bahwa isu penundaan pemilu itu tidak ada,” ujar dia.

Adapun disebutkan Cecep kegiatan yang telah dilaksanakan KPU Tulangbawang Barat dalam menyongsong tahapan pemilu 2024. Diantaranya, membangun sinergitas dan koordinasi dengan pemerintah daerah.

“Harapan KPUD Tubaba, dalam pelaksanaan pemilu di Tulangbawang barat dapat berjalan Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia (Luber) – Jujur dan Adil (Jurdil),” pungkas Cecep.

Sekedar memberitahu, sebelumnya KPU RI menggelar peluncuran tahapan Pemilu serentak 2024 se-Indonesia secara virual. Kegiatan itu di buka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri, Tito Karnavian mewakili Presiden RI, Joko Widodo. (W9-Nan)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.