oleh

Kunker di Pesawaran, Riana Sari Arinal Lakukan Pembinaan Organisasi dan Serahkan Sejumlah Bantuan

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menyerahkan cindera mata kepada Ketua TP PKK Pesawaran Nanda Indira Dendi. (foto : ari)

Pesawaran, Warta9.com – Ketua TP. PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, melakukan kunjungan kerja sekaligus melakukan pembinaan organisasi di Kabupaten Pesawaran, bertempat di pantai Benteng Samudra (BENSAM) Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan, Rabu (01/12/2021).

Riana Sari Arinal disambut langsung Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona ,Ketua TP PKK Pesawaran Nanda Indira Dendi, Pejabat Kabupaten Pesawaran.

Riana Sari menyampaikan, bahwa kegiatan pada hari ini mengambil tema “Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan”. Tema tersebut diambil guna mengingatkan bahwa gerakan PKK diharapkan dapat menjadi gerakan yang mampu menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik, terutama di masa pandemi ini.

Riana Sari juga menjelaskan bahwa maksud dan tujuan kunjungan kerjanya kali ini, selain melaksanakan kegiatan TP PKK juga untuk melakukan pembinaan organisasi tingkat Kabupaten/Kota yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan tujuh organisasi lainnya yaitu :

1. Dekranasda, Riana Sari juga Ketua Dekranasda mendorong pengembangan kerajinan tenun dan batik dengan motif khas Kabupaten Pesawaran. Riana Sari dalam kunker ini juga menyerahkan bantuan dari Dekranasda berupa kompor gas, kain, canting, pewarna water glas, toples plastik, kuas busa) untuk pengrajin tapis kabupaten Pesawaran.

2. Pokja PAUD, sebagai Bunda PAUD, Riana ingin mewujudkan PAUD Holistik Integratif yang terintegrasi antara pendidikan, kesehatan dan gizi, serta pola pengasuhan dan perlindungan.
Satu desa satu PAUD.

3. Pokja Literasi, Kampanye literasi untuk meningkatkan minat baca. Program terampil membaca untuk anak sebagai dasar anak-anak untuk belajar formal. Riana berharap satu desa satu perpustakaan/pojok baca desa.

4. Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial. Riana Sari meningkatkan semangat untuk saling berbagi dan berempati dengan orang-orang di sekitar. Perlu pendampingan anak-anak yang kehilangan orangtua akibat pandemi Covid-19.

5. Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia. (PERWOSI). Pendampingan bagi atlet wanita berprestasi, memasyarakatkan olahraga dan mewujudkan keluarga sehat cinta keluarga.

6. Yayasan Jantung Indonesia, Riana Sari berharap lansia agar memasyarakatkan senam jantung sehat dan kampanye pola hidup sehat (termasuk generasi muda untuk menghindari rokok). Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Istri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi ini juga terlihat berbincang-bincang cukup lama dengan para lansia yang ada di stan YJI.

7. Palang Merah Indonesia (PMI). Riana Sari juga mengharapkan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah, percepatan cakupan vaksinasi. Dalam kesempatan ini Riana Sari Arinal sebagai Ketua PMI Lampung menyerahkan bantuan 6 ribu dosis vaksin kepada Pemkab Pesawaran yang diterima langsung Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona.

Riana Sari berharap melalui kunjungannya kali ini, antar organisasi dapat terjalin kerjasama dan memotivasi semua organisasi sebagai mitra pemerintah untuk dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat.

Terkait pandemi Covid-19, Riana Sari meminta agar kader-kader PKK menjadi pelopor perubahan dan bisa mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan. “Saya harapkan kegiatan tahun ini dan tahun depan untuk tetap memprioritaskan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan penanganan dampak pandemi, baik secara sosial, ekonomi maupun budaya,” ujar Riana Sari.

Riana Sari berkesempatan mengunjungi stand-stand yang berada di lokasi acara seperti Stand Dekranasda, Pos Pemeriksaan Kesehatan YJI Cabang Pesawaran, LKKS, PMI Pesawaran dan Perwosi. Riana Sari juga menyempatkan diri bercengkrama dan bernyanyi bersama anak-anak literasi dan Paud Kabupaten Pesawaran.

Di sela acara, Ketua TP PKK Provinsi Lampung didampingi Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dan Ketua TP PKK Pesawaran Nanda Indira Dendi menyerahkan bantuan secara simbolis berupa : Bantuan sembako sebanyak 10 paket kepada ibu hamil dan balita kurang gizi.

Bantuan alat kekebersihan untuk Desa Batu Menyan, bantuan bibit tanaman sebanyak 30 paket bibit alpukat dan 30 paket bibit jambu Jamaika, 30 benih sawi yang diterima oleh KWT Srikandi Bogorojo. Lalu bantuan budidaya ikan dalam ember (Budidamber) sebanyak 10 paket untuk PKK Desa, bantuan 20 paket sembako untuk anak kehilangan orang tua karena terkena Covid-19.

Lalu bantuan dari Pokja dan literasi perpustakaan berupa 300 buku. -bantuan dari LKKS untuk masyarakat tidak mampu berupa 20 paket sembako. Bantuan dari Yayasan Jantung Indonesia (YJI) berupa 30 paket nutrisi tambahan untuk Lansia.
-bantuan dari PMI berupa 2 paket standing termo untuk sekolah yang diterima perwakilan SMP Negeri 14 Pesawaran. Bantuan dari Perwosi kepada atlit disabilitasi berupa tali asih.

Turut mendampingi Kunker Riana Sari Arinal antara lain, Wakil Ketua Dekranasda Lampung Mamiyani Fahrizal, Kadis Pariwisata dan Inakraf Edarwan, Kadis PPPA Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri
(W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed