oleh

Kunker Spesifik, Anggota DPR RI Hanan Rozak Serahkan Bantua 5 Unit Bentor di Tulangbawang

Anggota Komisi IV DPR RI Hanan A Rozak menyerahkan bantuan bentor di Tulangbawang. (foto : ist)

Tulangbawang, Warta9.com – Anggota Komisi IV DPR RI Ir. H. Hanan A Rozak, MS, menaruh perhatian yang besar saat turun ke daerah. Dalam Kunjungan Kerja Spesifik di Kabupaten Tulangbawang, Jumat (17/9/2021), Hanan A Rozak menyerahkan bantuan Bentor untuk pengolahan sampah pasar dan lingkungan.

Hanan A Rozak anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar ini mengatakan, Kabupaten Tulangbawang memiliki  penduduk sekitar 450 ribu jiwa, dengan kepadatan penduduk 123 jiwa per kilometer persegi. Dengan jumlah penduduk sebanyak itu, menghasilkan potensi sampah 176 ton per hari atau setara 64.000 ton setiap tahun.

Kondisi ini kata Hanan, tentu memerlukan perhatian dan solusi dalam penanganan dan pengolahan sampah tersebut. “Tanggungjawab pengelolaan sampah dalam suatu wilayah, harus dimulai dari tingkat yang terkecil yakni rumah tangga,” kata Hanan, mantan Bupati Tulangbawang dalam diskusi di Rumah Aspirasi, Menggala, Jumat (17/09/2021).

Hanan A Rozak bersama Dinas Lingkungan Hidup dan perwakilan  Pemerintah Kampung/Kelurahan di Kabupaten Tulangbawang melakukan diskusi dalam Kunjungan Kerja Spesifik terkait sampah di Kabupaten Tulangbawang.

Selanjutnya, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait penanganan sampah, Hanan mengajak Pemerintah Daerah untuk aktif secara terus-menerus mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya pemilahan sampah organik dan anorganik.

“Pemilihan sampah oleh masyarakat secara berjenjang sampai tempat pembuangan akhir, harus dalam keadaan terpisah. Namun karena keterbatasan alat pengangkut sampah, kedua jenis sampah baik organik maupun anorganik tersebut kembali tercampur,” ungkap Hanan A Rozak, anggota DPR Dapil Lampung 2 ini.

Dalam kesempatan ini, Hanan A. Rozak menyerahkan bantuan lima unit sepeda motor roda tiga pengangkut sampah dari Direktorat Pengelolaan Sampah, Direktur Jenderal PSLB,  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada Pemerintah Kampung dan Kelurahan di Tulangbawang.

“Kami sampaikan banyak terimakasih atas  bantuan motor roda tiganya. Kita ucapkan terimakasih atas bantuan yang luar biasa ini, karena sangat kami butuhkan,” ucap Agus Nurohman, Kepala Kampung Gedung Karya Jitu

Anggota Komisi IV DPR RI Hanan A Rozak melakukan diskusi di tempat terbuka tentang pengelolaan sampah. (foto : ist)

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulang Bawang, Dr. Pahada Hidayat, SH, MH, mengucapkan terimakasih kepada anggota DPR RI Hanan A Rozak yang memberi support dan bantuan sesuai dengan asas manfaat bagi masyarakat. “Saya berharap kepada pengelola bantuan ini agar dimanfaatkan dan digunakan dengan baik untuk penanganan sampah di wilayahnya masing-masing,” kata Pahada.

Dalam Diskusi Kunjungan Kerja Spesifik tersebut ada beberapa pointer penting. Pertama, perlunya sosialisasi dan edukasi penanganan sampah oleh pemerintah kepada masyarakat. Kedua, mengusulkan kepada Pemerintah Pusat tambahan bantuan berupa kendaraan roda empat dan roda tiga untuk penanganan sampah. Ketiga, meminta bantuan pemerintah pusat untuk program-program penanganan sampah lainnya.

Sebelumnya, Hanan A Rozak menyerahkan bantuan alsintan dan bantuan sarana pendukung pertanian yang sudah disalurkan ke petani di Tulangbawang, Tulangbawang Barat dan Lamteng antara lain; Trakcktor R4 (10) unit, Hand Tracktor (64 ), Cultivator (20), Rice Transplanter (2), Jalan Usaha Tani (3) lokasi, Rehab Irigasi Tersier (12), Unit Pengolahan Pupuk Organik ( 21), Hand Sprayer (90), Pompa Air (46), Thresher (36) unit, Combine Harvester (5) Unit Corn Seller (17) unit dan masih banyak bantuan bibit ternak serta kawasan sayuran dan buah-buahan. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed