Kurang Maksimal, Sekda Soroti Kinerja Diskominfo

Tubaba, Warta9.com – Kurang optimalnya Tugas dan Fungsi (Tufoksi) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mendapat sorotan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat, Herwan Sahri. Menurut Sekda, salah satu fungsi Kominfo sebagai corong pemerintah itu, diharapkan dapat betul-betul difungsikan untuk mempercepat penyampaian informasi tentang kebijakan dan program pembangunan.

Saat ini, lanjut dia, kehumasan pemerintah mendapat tantangan berat di tengah derasnya arus pertukaran informasi dalam masyarakat. Oleh karena itu, Bidang Media Dinas Kominfo dituntut kian peka dan cakap dalam penyebaran informasi agar dapat merespons langsung kebutuhan masyarakat.

“Diharapkan komunikasi terkait kebijakan dan program prioritas pemerintah dapat tersampaikan dengan baik. Sehingga masyarakat terpenuhi haknya untuk mendapatkan informasi pencapaian mengenai kebijakan dan kinerja pemerintah,” kata Sekda yang disampaikan saat memimpin Apel Mingguan di halaman Kantor Bupati Pemkab Tubaba, Senin (12/08).

Hal itu diutarakan Sekda, menyusul berbagai kegiatan Pemda minim publikasi (informasi). Salah satunya Anjungan Pemkab Tulang Bawang Barat, saat mengikuti pameran ‘Pekan Raya Lampung’. Dimana anjungan tersebut dikunjungi ribuan pengunjung dari berbagai daerah di Lampung.

Selain untuk mengetahui berbagai sejarah dan pembangunan di Tubaba, ribuan pengunjung tersebut juga menjadikan anjungan untuk berfoto selfi. Namun Sekda menyayangkan, momen tersebut minim publikasi, baik melalui media massa atau media sosial.

Hal ini diduga akibat keterbatasan Sumber Daya Manuasia (SDM) khususnya di bidang media dinas tersebut dalam mengkoordinir setiap kegiatan. Akibatnya berdampak pada minimnya publikasi pembangunan yang harus disampaikan kepada masyarakat.

Terkait hal tersebut, Sekda menginstruksikan Kominfo dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing dalam rangka mendukung pelaksanaan komunikasi publik, dengan menyampaikan setiap kebijakan dan program pemerintah kepada publik secara cepat dan tepat.

“Sampaikan informasi melalui berbagai saluran komunikasi kepada masyarakat secara tepat, cepat, obyektif, berkualitas baik, berwawasan nasional, dan mudah dimengerti dengan kebijakan dan program pemerintah yang telah dan sedang berlangsung saat ini,” tandas Sekda. (W9-jon)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.