Lepas Peserta POPWIL, Ini Harapan Bupati Way Kanan Kepada Kontingen

Way Kanan, Warta9.com – Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, SH., MH, menyampaikan prestasi olahraga menjadi tolok ukur kemajuan daerah bahkan bangsa dan Negara. Prestasi atlet-atletnya bisa diartikan majunya pula pembangunan di daerahnya.

Hal tersebut disampaikan Bupati dalam sambutannya saat menghadiri pelepasan para peserta seleksi atlet kejuaran daerah tingkat pelajar Provinsi Lampung pekan olaharga pelajar wilayah (POPWIL) II yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Pemkab Way Kanan, Senin (30/04/18).

Adipati juga mengucapkan selamat kepada para atlet yang berhasil mewakili Kabupaten Way Kanan untuk mengikuti kejuaraan daerah tingkat pelajar Provinsi Lampung.

Dunia olahraga saat ini dan bahkan yang akan datang menurutnya, tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Olahraga tidak hanya sebagai kebutuhan untuk menjaga kebugaran tubuh, akan tetapi telah merasuk dalam semua sektor kehidupan. Lebih jauh lagi, prestasi olahraga dapat mengangkat harkat dan martabat manusia baik secara individual, kelompok, masyarakat, bangsa dan Negara,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, olahraga memiliki aspek pembangunan nama bangsa, yakni bahwa tinggi rendahnya kualitas olahraga akan turut menjadi cermin bagi penentuan sebuah martabat bangsa itu di tengah-tengah pergaulan masyarakat dunia. Itulah mengapa olahraga dianggap sebagai bagian penting dari proses pembangunan bangsa.

Adipati juga menambahkan, penyelenggaraan kejuaraan daerah olahraga pelajar tingkat Provinsi Lampung tahun ini merupakan moment untuk menorehkan prestasi bagi atlit Kabupaten Way Kanan, sekaligus menjadi sarana pembinaan dan pencarian bibit-bibit atlet yang potensial.

Dengan itu ia memberikan kesempatan bagi para atlet junior untuk mengembangkan keahlian dan kemampuannya. Dengan demikian kegiatan ini bertujuan untuk memberikan media, bimbingan dan dukungan kepada para atlet muda dalam berprestasi.

Hal ini dikarenakan keberhasilan pembinaan atlet-atlet yang tidak hanya dipengaruhi faktor latihan dan sarana-prasarana latihan, namun juga kesempatan untuk menunjukkan kemampuan lewat kompetisi guna menambah pengalaman, penempaan mental, serta mematangkan teknik dan strategi yang telah diberikan pelatih.

Pada kesempatan itu juga Adipati menyampaikan amanahnya agar para peserta dapat menanamkan jiwa sportifitas dan dapat berkompetisi dengan baik.

“Kepada Atlet saya berpesan bertandinglah dengan sungguh-sungguh untuk mencapai prestasi yang terbaik dalam kompetisi, kemenangan tentulah menjadi harapan yang ingin diraih, namun tekad untuk meraih atlit terbaik harus dilakukan dengan nilai-nilai sportifitas, karena para atlet sekalian merupakan duta dari Kabupaten Way Kanan,” pesannya. (W9-Nia)

loading...
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.