oleh

Lokasi Rawan Bencana, BPBD Pesibar Imbau Masyarakat Terus Waspada 

Pesibar, Warta9.com – Masih banyak warga yang membangun rumah di lokasi rawan bencana, BPBD Pesisir Barat menghimbau masyarakat agar waspada.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Barat Syaifullah mengatakan, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang membangun rumah di daerah rawan bencana sehingga masyarakat harus waspada terhadap bencana alam yang saat ini kerap terjadi.

“Seperti mendirikan rumah disekitar bantaran sungai, sekitaran bibir pantai, serta di daerah yang rawan terjadi tanah longsor, seharusnya masyarakat harus memperhitungkan dampak kedepannya seperti apa jika membangun rumah di area yang memang rawan seperti itu,” jelasnya saat di konfirmasi, Kamis (09/12/2021).

Syaifullah menerangkan dampaknya jika membangun rumah di aliran sungai akan mengancam keselamatan terlebih pada saat musim hujan, karena sungai kapan saja bisa menguap yang bisa menyebabkan rumah warga tergerus aliran sungai.

“Belum lagi jika disekitaran bibir pantai, cuaca buruk yang terjadi saat ini kerap kali menyebabkan gelombang tinggi yang menghantam rumah-rumah warga, bahkan beberapa waktu lalu ada laporan bahwa ada rumah warga yang dindingnya hampir roboh akibat terjangan ombak tinggi,” jelasnya.

Syaifullah mengatakan hal-hal seperti itu yang seharusnya di antisipasi oleh masyarakat jika ingin membangun rumah, harus memperhitungkan kondisi lingkungan dampak kedepan nya ada atau tidak.

“Karena ini menyangkut keselamatan keluarga nya juga, oleh karena itu kami menghimbau kepada masyarakat agar kedepan lebih selektif lagi dalam memilih tempat untuk mendirikan tempat tinggal agar menghindari hal-hal yang tidak di inginkan,” paparnya.

Syaifullah juga mengatakan saat ini pihak nya masih terus berjaga untuk mengantisipasi terjadi nya bencana alam di wilayah setempat mengingat kondisi cuaca di Pesibar saat ini memang sedang tidak bersahabat.

“Tim selalu siaga baik di Kabupaten ataupun tim yang sudah kita tempat kan di titik-titik rawan bencana, kami siap kapan pun dimana pun membantu masyarakat yang terdampak akibat bencana alam, oleh karena itu jika warga mengalami atau melihat adanya bencana alam baik itu banjir, tanah longsor, dan lain nya agar segera melapor agar di bantu evakuasi,” tandasnya. (Eva)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed