LSM GMBI Distrik Tegal Raya Gelar Aksi Tolak RUU HIP

Tegal, Warta9.com – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Tegal Raya menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) karena menilai RUU tersebut akan mengganggu ideologi Pancasila.

Penolakan itu disampaikan melalui aksi damai di depan Gedung DPRD Kota Tegal, Senin 29/6/20.

Massa sebelumnya konvoi menggunakan motor dari Sekertariat LSM GMBI menuju Gedung DPRD Kota Tegal dengan meneriakan yel-yel penolakan Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Ketua Distrik LSM GMBI Tegal Raya, Mulyadi, SE mengatakan, aksi penolakan RUU HIP serentak dilakukan GMBI di sejumlah kabupaten/kota di Indonesia.

“Kami mendesak DPRD Kota Tegal supaya membuat surat rekomendasi penolakan RUU HIP yang ditujukan kepada DPR RI, agar ini tidak jadi polimelik,” tegas Mulyadi disela aksinya.

”Kami menolak RUU HIP diteruskan untuk dibahas hingga menjadi UU. Karena kami menilai bahwa substansi dari RUU tersebut justru mengancam eksistensi Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa dan dasar negara,” tegas Mulyadi.

Menurutnya, RUU HIP tidak perlu dibahas sebab Pancasila sebagai falsafah dan pandangan hidup (the way of life) Negara Republik Indonesia sudah final.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian GMBI atas RUU HIP, antara lain, lenyapnya tap MPR No 25 Th 1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia ( PKI), adanya upaya memangkas sila yang ada di dalam Pancasila.

Kemufian dari 5 sila menjadi Trisila bahkan menjurus menjadi Ekasila, juga mengabaikan Tap MPR No 18 tahun 1998 Pasal 1 yang menyatakan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 adalah dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setelah menyampaikan orasi, perwakilan massa langsung ditemui Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin dan Wasmad Edi Susilo. Habib Ali menyatakan siap untuk melanjutkan apa yang menjadi aspirasi dari rekan-rekan LSM GMBI Distrik Tegal Raya. Aspirasi yang disampiakan diteruskan kepada pimpinan terlebih dulu.

“Nanti akan kita teruskan kepada DPR RI apa yang menjadi aspirasi. Ranah kami ada di lembaga legislatif. Sehingga aspirasi ini akan kami teruskan kepada DPR RI di Jakarta,” katanya. (W9-Sho)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.