Mahasiswa Prodi Biologi FTK UIN Raden Intan Field Trip ke Daerah Jawa

Bandarlampung, Warta9.com – Mahasiswa Program studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Sabtu (22/9/2018), mengikuti field trip atau kuliah kerja lapangan (KKL) ke sejumlah daerah di Jawa.

Field trip dilepas langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. H. Chairul Anwar, MPd. Belajar sambil berwisata. Minta supaya kompak.

Menurut Ketua Jurusan Pendidikan Biologi Dr. Bambang Sri Anggoro, MPd, field trip diikuti 206 mahasiswa dan 14 dosen pembimbing. Dia mengatakan, field trip merupakan belajar sambil berwisata.

Daerah tujuan field trip yang menggunakan Garuda Wisata Tour and Travel ini dengan tujuan, Yogyakarta, Malang, Salatiga dan Semarang. Di Yogyakarta mahasiswa akan mengikuti seminar. Kemudian di Malang studi banding laboratorium di UIN Malang. Kemudian di Salatiga akan mengunjungi tempat penelitian. Sedangkan Semarang mengunjungi PT Cimory yang memproduksi bidang bioteknologi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Chairul Anwar mengatakan, field trip dimaksudkan untuk membuka cakrawala mahasiswa. Seperti studi banding di Laboratorium hendaknya dapat dimanfaatkan untuk mengambil ilmu. “Yakin bahwa laboratorium disana lebih baik, sehingga dapat diambil ilmunya,” ujar Dekan.

Dekan menegaskan, bahwa KKL ini dibiayai oleh mahasiswa dikelola oleh mahsiswa dan untuk mahasiswa sepenuhnya dan tidak ada paksaan dari pihak manapun karena tidak wajib.

Dalam kesempatan ini Dekan mengingatkan mahasiswa perlunya membangun solifaritas di antara mahasiswa. Karena field trip merupakan belajar sambil wisata dan bergembira. “Buat perjalanan yang menyenangkan dan bermanfaat. Bangun solidaritas sesama mahasiswa sehingga tetap kompak dan ingat menjaga almamater,” ujar Prof. Chairul Anwar.

Dalam field trip ini, pihak Garuda Wisata Tour and Travel, juga menyertakan tim medis. Sehingga peserta field trip bila merasa kurang sehat jangan diam tapi berkonsultasi dengan tenaga medis. (W9-jam)

loading...
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.