Malam ResepsiHUT RI ke-73, Dari Lampung untuk Indonesia

Bandarlampung, Warta9.com – Persatuan dan kesatuan modal utama suatu bangsa untuk menjadi salah satu negara kuat dan terdepan di dunia.

Pesan ini ditegaskan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo tidak hanya untuk Lampung. Tapi untuk Indonesia secara umum.

Di Malam Resepsi Syukuran dan Pesta Rakyat HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke- 73 di PKOR Way Halim, Bandarlampung, Jumat (17/8) malam, gubernur termuda ini juga mengulas sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia. “Kita patut bersyukur bahwa proklamator kita, presiden RI pertama Ir. Soekarno adalah seorang pemberani yang selalu siap menghadapi tantangan, ancaman dan rintangan. Berulang kali ditahan dan ditawan, tetapi tidak menyurutkan langkah memerdekakan Indonesia,” ujarnya.

Soekarno, sambung Ridho, adalah contoh suri tauladan dengan penuh keberanian mengucapkan proklamasi sebagai tonggak pemindahan kekuasaan menyampaikan kepada seluruh penjuru dunia bahwa bangsa indonesia merebut kemerdekaan.

Ancaman pecahnya suatu bangsa lebih berbahaya ketika muncul dari dalam. “Banyaknya ancaman terorisme bukan dari orang asing tetapi muncul dari saudara-saudara kita yang memiliki paham menyimpang. Ancaman radikalisme dapat memecah bingkai negara kesatuan yang telah disatukan sebagai bangsa terbesar didunia dengan bermacam suku dan bangsanya,” katanya.

Lampung Terus Berbenah
Salah satu wujud mengisi kemerdekaan, pembangunan di Lampung terus menggeliat. Seperti Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, Dermaga Eksekutif, Pengembangan Bandara Radin Inten II, dan daya saing Provinsi Lampung berada pada posisi 11 nasional.

“Tetapi kita tidak boleh lupa bahwa tantangan generasi sekarang cukup berat, tidaklah ringan dalam menjaga negara kesatuan kita. Generasi muda harus bersama-sama mempersiapkan diri, pada saatnya kalian akan mengambil alih tanggung jawab tegak berdirinya, maju dan kokohnya negara kesatuan Republik Indonesia,” urainya.

Ridho juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada putra putri terbaik Lampung yang menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan Pasukan Pengawal (Paswal) Paskibraka pada HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Provinsi Lampung.

“Saya bersama pak Wagub mengucapkan terima kasih kepada Paskibraka dan Paswal yang bertugas dengan sangat baik, mulai dari pengibaran hingga penurunan bendera. Ini merupakan sejarah hidup kalian sebagai pengibar bendera pusaka HUT RI ke- 73 di Provinsi Lampung yang menjadi sekali seumur hidup,” katanya.

Sebagai bentuk apresiasi, Gubernur Ridho memberikan tali asih kepada Paskibraka dan Paswal HUT Kemerdekaan RI ke- 73 di Provinsi Lampung. Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Lampung, Hery Suliyanto dalam laporannya mengatakan Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke- 73 Tahun 2018 dimaksudkan sebagai wahana serta pemahaman bagi masyarakat akan makna serta nilai-nilai perjuangan dan cita-cita founding fathers dalam menegakkan kemerdekaan. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.