MAN 1 Lampung Utara Bakal Punya Media Podcast

Lampung Utara, Warta9.comMadrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Utara, dalam waktu dekat akan memiliki studio siaran digital berupa video rekaman suara atau audio visual yang dikenal dengan sebutan Podcast. Ya, Media Podcast sekolah gagasan MAN 1 Lampung Utara ini bakal di launching dari Tim Jurnalis Siswa ( TJS).

Kepala MAN 1 Lampung Utara, Masir Ibrahim, mengundang Owner Studio 2 Podact ‘Om Vicko, untuk melihat-lihat MANSALU Studio–sebutan Podcast MAN 1– dan berbagi edukasi.

Masir Ibrahim mengatakan MAN 1 Lampung Utara melalui Herlina, pembina TJS membuat Inovasi yang diperuntukkan bagi anak-anak TJS untuk mengembangkan dan mengexplore diri menjadi pembicara atau presenter.

“Untuk saat ini alat-alat Podcast yang sudah tersedia dari anggota TJS diantaranya kamera, microphone, condenser, tripod, filter suara, dan beberapa piranti pendukung lainnya. Diperkirakan lauching Podcast ini akan dilangsungkan pada awal tahun pelajaran 2023/2024 mendatang,” ujar Masir, Selasa (11/7/2023).

Adanya Studio Podcast di sekolah ini, lanjut Masir, bertujuan untuk menambah kuantitas publikasi edukasi sekaligus sarana informasi dan dokumentasi di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Utara.

Menurut Masir, adanya podcast di sekolah  tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga sebagai sumber informasi yang dapat mengedukasi dan menumbuhkan minat dan bakat siswa di era digital.

Sementara itu, Om Vicko Owner Studio 2 Podcast yang juga bendahara PWI Lampung Utara, mengatakan pihaknya sangat mendukung dan mensuport adanya sarana siaran audio visual melalui media podcast di sekolah.

“Podcast melatih peserta didik untuk menjadi pendengar yang baik, mereka dapat belajar hal baru, juga meningkatkan kemampuan mendengarkan. Dan yang utama, podcast bisa melatih kemampuan public speaking para peserta didik du sekolah,” kata Evicko Guantara Kepala Biro Siger TV ini.

Dia menambahkan, untuk materi atau konten yang terdapat dalam media podcast sangat beragam mulai dari konten ekonomi, budaya, berita, olahraga, kesehatan, komedi, bisnis, keluarga, dan pendidikan.

Menurut Vicko, adanya media Podcast bagi sekolah juga dapat memudahkan menyiarkan konten audio yang menarik. Sehingga dapat didengarkan oleh siswa kapan saja dan dimana saja. Selain itu bisa memberikan kesempatan siswa untuk mencatat hal hal penting yang disampaikan dalam podcast tersebut.

“Apalagi materinya berkaitan dengan dunia pendidikan atau tentang pembelajaran disekolah,” ujar Vicko.

Dengan begitu siswa hanya perlu untuk berlangganan atau mengikuti akun podcast dari sekolah tersebut.

“Pihak sekolah dapat mendorong konten pendidikan kepada siswa. Adanya podcast di sekolah dapat meningkatkan pengetahuan, bahasa, dan cara berbicara. Siswa juga akan lebih percaya diri dalam penggunaan kosakata yang bersifat semi akademis. Ini akan sangat berdampak positif bagi siswa,” tutup Vicko. (***)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.