Menkumham : Berita Hoax bisa merusak Kebhinekaan Bangsa Indonesia

Batu, Warta9.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham RI) Yasonna H Laoly, menyoroti marakanya kabar hoax yang beredar di sosial media menjelang Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang. Masyarakat diminta lebih cermat dan berhati-hati dalam memiliah kabar yang tengah beredar saat ini.

“Masyarakat jangan asal menelan kabar begitu saja, kita analisis dulu, kita lihat dulu, jangan – jangan kita nanti ikut menjadi menyebarkan,” ujar Yasonna, saat mengunjungi Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia (YPPII) Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (27/3).

Ia mencontohkan informasi mengenai pemberian visa wisata kepada warga negara asing (WNA) dari Israel, yang telah diklarifikasi Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham bahwa itu adalah berita hoax.

Untuk itu ia mengajak semua pihak saling menghargai dan  menghormati perbedaan dalam kehidupan sehari-hari. Peran media juga sangat penting mendidik dan memberitakan dengan jujur sesuai fakta.

“Jangan sampai masyarakat termakan isu yang menyebabkan kegaduhan, Keamanan dan merusak toleransi kebhinekaan bangsa Indonesia,” katanya lagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Kemenkumham Rl Jhony Ginting, Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo, Asisten III Chairul Syarif Tartila, Pabung Kodim 0818 Mayor Arm. Chairul Effendi, Wakapolres Batu, Camat Batu dan peserta dari Mahasiswa Institut Injil Indonesia. (W9-SP)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.