Mentan, Gubernur dan Wagub Launching KPB di Lamteng : Syahrul Yasin : KPB Bisa Uji Coba Secara Nasional

Lampung Tengah, Warta9.com – Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Arinal Djunaidi, Wagub Chusnunia dan Forkopimda meluncurkan (launching) Kartu Petani Berjaya (KPB), di Lapangan Desa Tempuran Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah, Selasa (6/10/2020).

Launching ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Menteri, Gubernur, Wakil Gubernur Chusnunia, Ketua KPB Prof. Dr M. Yusuf Sulfarano Barusman, MBA, unsur Forkopimda, dan sejumlah tamu undangan.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kartu Petani Berjaya layak diuji coba secara nasional. Sehingga, manfaat dari program tersebut dapat dirasakan seluruh petani di Indonesia dan mengembangkan sektor pertanian. “Kartu Petani Berjaya ini harus menjadi uji coba nasional. Karena pertanian ini adalah sektor yang paling siap dan mampu tumbuh secara nyata,” kata Mentan saat peluncuran KPB.

Menurut Mentan, program yang ditawarkan KPB merupakan jawaban dari harapan petani. Seperti mendapatkan benih, bibit, pupuk, bantuan permodalan hingga pelatihan dan jaminan harga jual. Terlebih lagi, di tengah kondisi pandemi corona virus disease 2019 (covid-19), pertanian merupakan sektor yany tidak terdampak.

Karena itu, Syahrul sangat mendukung program KPB yang diinisiasi Gubernur Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim. “KPB ini sejalan dengan tagar Kementerian Pertanian RI, yakni maju, mandiri dan modern,” sebutnya.

Selain itu, dia juga menyarankan perbankan untuk tidak ragu-ragu dalam menggelontorkan bantuan permodalan untuk petani. “Saya mau tanya sama perbankan, sektor mana yang paling siap kalau bukan pertanian? Jadi saya sarankan untuk tidak ragu menggelontorkan permodalan, apalagi dijamin pak gubernur dan bupati,” terang Mentan. (W9-jam)

 

 

author

Penulis: