Mesin Pemanas Korsleting, Kandang Ayam Ludes Terbakar

Tabanan Bali, Warta9.com – Sebuah kandang ayam milik I Ketut Sukanadi Yasa (57) di Banjar Pagi, Desa Senganan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, pagi buta sekitar pukul 04.00 Wita, terbakar. Akibatnya 5.000 ayam yang baru berumur seminggu mati terpanggang.

Informasinya, kebakaran ditengarai karena korsleting arus listrik di mesin pemanas. Kebakaran berawal saat buruh ternak Heri dan Nirkayanti memberikan pakan, saat itu lampu masih dalam keadaan menyala.

Usai itu mereka kembali tidur di dalam kandang ayam bagian atas. Selang beberapa menit mereka mendengarkan gedoran suara pintu gerbang, dan melihat ada api di timur laut kandang ayam.

Dengan kondisi gelap karena mati lampu, ia pun bergegas menuju ke rumah pemilik ayam I Ketut Sukanadi Yasa yang tak jauh dari kandang ayam. Namun apes karena api semakin besar kandang dan 5.000 ayam yang baru berumur seminggu tak bisa diselamatkan.

Dikonfirmasi, Kapolsek Penebel AKP I Ketut Mastra Budaya, Sabtu (9/3) membenarkan kebakaran itu. dikatakan, kebakaran diduga bersumber dari salah satu mesin pemanas yang mengalami korsleting. Kebetulan yang korsleting itu berada di timur kadang ayam milik korban.

“Disamping itu di areal mesin pemanas ada sekam padi yang mudah membakar kandan ayam,” ujar Mastra.

Dijelaskan, saat itu petugas dengan dua unit truk pemadam kebakaran datang ke lokasi untuk mematikan api. Namun sampai di lokasi api makin besar membakar seluruh kandang. Api semakin besar karena awal titik api di sekitarnya terdapat sekam padi sehingga mempermudah membakar seluruh kandang ayam.

“Dengan kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sekitar Rp 600 juta lebih, serta kandang ayam dengan ukuran 83 meter x 8 meter hangus terbakar,” pungkasnya. (W9-soni) 

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.