Murbani Kapolresta Bandarlampung, Sosok Perwira Polisi yang Patut Diteladani

Kapolresta Bandarlampung Kombes Murbani Budi Pitono tampak sedang mengerjakan tugas administrasi di Posko Pengamanan Kampanye di Kelurahan Sukamenanti Kecamatan Kedaton, Senin (9/4/2018). Foto : jamhari

Bandarlampung, Warta9.com – Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol. Murbani Budi Pitono, sosok petwira polisi yang tak mengenal waktu dan tempat dalam menjalankan tugas.

Di tahun politik seperti Pilkada sekarang ini, Kombes Murbani, punya perhatian khusus setiap kegiatan Kampanye Paslon Gubernur di Wilayah hukum Polresta Bandarlampung. Seperti kampanye paslon Arinal Djunaidi-Chusnunia, Murbani mengerahkan kekuatan anggotanya untuk pengamanan cagub dan kelancaran jalannya kampanye. Bahkan dia sampai membuka Posko di lokasi kampanye.

Meski rajin turun ke lapangan memonitor kegiatan kampanye cagub, tapi sebagai Kapolresta Bandarlampung dia tetap menjalankan tugas administrasi. Terlihat saat melakukan monitoring pengamanan kampanye Cagub Arinal di Kelurahan Sukamenanti Kecamatan Kedaton, Murbani yang lahir dan besar di Lereng Gunung Merbabu Magelang Jawa Tengah ini, masih sempat mengerjakan tugas-tugas administrasi kantor di Posko Pengamanan Pilkada.

Dengan hanya betatakan meja yang sudah retak dan rusak, Murbani yang duduk bersama Korbid DPD I Partai Golkar Lampung Made Bagiasa dan Ketua DPD II Bandarlampung Yuhadi, tampak sibuk menandatangani berkas-berkas yang ada di meja.

“Apa yang dilakukan oleh Pak Kapoltesta patut ditauladani oleh perwira atau Kapolres lain dalam menjalankan tugas. Meski sibuk melaksanakan tugas di lapangan beliau (Murbani, red) masih sempat melaksanakan tugas administrasi. Salut saya sama Pak Kapolresta. Beliau sosok perwira Polisi yang dekat dengan rakyat,” ujar Yuhadi juga anggota DPRD Bandarlampung.

Murbani masuk ke Akpol tahun 1992. Di Akpol, prestasinya mengantarkan tugas perdana di Polda Jawa Barat. Mendapat job perdana di Pulau Jawa kata para alumnus akademi kepolisian, hanya diperoleh bagi mereka yang berprestasi.
Di Polda Jawa Barat, Murbani mendapatkan job sebagai kepala satuan lalu lintas dan kepala kepolisian sektor. Setelah itu dia masuk di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian hingga tahun 2005.  Usai PTIK kemudian ditugaskan di Polda Sulawesi Utara menjadi Kasatlantas Polrestabes Manado dan Wakapolres Minahasa. Pernah menjabat sebagai Kopolresta Magelang dan kini menjabat sebagai Kapolresta Bandarlampung.

Dalam menjalankan tugas, lulusan PTIK 2005 ini selalu memegang teguh amanat ayahnya almarhum Sudiyono Sasmito Mulyo dan ibunya Sri Rahayu yang tak lelah menanamkan nilai-nilai moral dan kedisiplinan. (W9-jam)

author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.