oleh

Nakes Puskesmas Menggala Pertanyakan Dana Jasa Pelayanan BPJS Mampet

Menggala, Warta9.com – Oknum Kepala Puskesmas Menggala Kabupaten Tulang Bawang diduga mengalihakan dana jasa pelayanan BPJS untuk kegiatan pelatihan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Hotel Novotel dan Harison, Bandar Lampung.

Akibatnya, sejumlah tenaga kesehatan di puskesmas itu kecewa. Mereka menyesalkan pengalihan dana sebesar Rp120 juta yang hingga kini belum dibayar.

“Saya menyesalkan dengan ulah Kepala Puskesmas Menggala tidak membayar jasa pelayanan BPJS yang merupakan hak tenaga nakes,” keluh salah satu tenaga kesehatan Puskesmas Menggala yang namanya enggan disiarkan, Kamis (14/10/2021).

Jasa palayanan itu, lanjut dia, seharusnya dibayar pada bulan Juli 2021. Namun hingga kini dana tersebut belum juga dibayarkan kepada pihaknya. Sementara setiap menerima jasa BPJS pihaknya selalu di potong Rp50 ribu hingga Rp100 ribu oleh kepala puskesmas dengan alasan untuk pemabayaran dana jasa BPJS.

“Jasa pelayanan dibayar sesuai hitungan masuk kerja para tenaga nakes, apabila satu hari tidak kerja akan dipotong pembayaran jasa kami.  Itu hak kami (nakes), kenapa dialihkan kegiatan lainya,” ujarnya.

Sementara Kepala Puskesmas Menggala Desma Damita membenarkan telah mengalihkan dana jasa pelayanan BPJS tersebut untuk kegiatan pelatihan BLUD. Hak tenaga kesehatan itu dialihakan sementara karena Puskesmas tidak memiliki dana talangan dan harus memakai dana jasa pelayanan BPJS.

“Dana itu dialihkan karena Puskemas tidak punya dana talangan mengikuti pelatihan BLUD, sehinga kami harus memakai dana jasa pelayanan BPJS itu,” ucap Desma. (W9-Wan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed