Ojek Keluhkan Kenaikan Harga BBM Pertamax CS

Kotabumi, Warta9.com – Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex naik per hari ini, Minggu, 1 Juli 2018. Kenaikan bekisar Rp500-700 per liter. Konsumen mengaku keberatan dengan naiknya harga.

Salah satu konsumen Padli, menyatakan sebagai pengguna Pertamax kenaikan harga tentu menjadi beban tersendiri. Apalagi dia berprofesi sebagai tukang ojek yang banyak mengkonsumsi BBM. Ia mengaku terpaksa menggunakan BBM pertamax, karena BBM premium langka dan jenis pertalite kendaraannya tidak normal.

“Saya tukang ojek keberatan kalau harganya naik. Kita sebagai masyarakat kecil keberatan, karena keadaan ekonomi lagi kayak gini, rakyat kecil menjerit. BBM naik nanti harga kebutuhan yang lain ikut naik,” katanya ditemui di SPBU Hi. Yusuf, Kotabumi, Minggu (1/7/2018).

Sementara itu konsumen lain, Maman menyerahkan kebijakan tersebut kepada pemerintah. Hanya saja dia menyarankan kenaikan harga BBM tersebut dapat menyesuaikan daya beli masyarakat.

“Kalau memang pemerintah harus menaikan harga BBM, naik saja nggak apa, cuma buat pedagang, jasa transportasi keberatan banget. Kalau bisa disesuaikan sama ekonomi sekarang. Daya beli masyarakat sekarang ya disesuaikan,” tambahnya.

Untuk diketahui daftar harga terbaru yang dirilis PT. Pertamina, harga Pertamax di wilayah Pulau Jawa dan Bali yang sebelumnya Rp8.900 per liter naik Rp600 menjadi Rp9.500 per liternya. Harga Pertamax Rp9.500 per liter juga ditetapkan untuk wilayah NTB, NTT, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu. Sementara untuk Provinsi Riau, Pertamax naik menjadi Rp9.900 per liter.

Ada pun di Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Papua dan Papua Barat, Pertamax menjadi seharga Rp9.700 per liter.

Harga Pertamax Turbo di Provinsi Jakarta, Banten, Jabar juga mengalami kenaikan menjadi Rp10.100 per liter. Sementara itu, di wilayah Jateng, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali Pertamax Turbo menjadi seharga Rp11.150per liter.

Informasi mengenai daftar harga terbaru BBM non-subsidi per 1 Juli 2018 ini dapat dilihat melalui laman resmi Pertamina. Selain Pertamax dan Pertamax Turbo, harga BBM jenis Dexlite dan Pertamina Dex serta solar dan minyak tanah non-subsidi juga mengalami perubahan di beberapa wilayah. (jon/van)

loading...
Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.