ORARI Daerah Lampung Gelar Ujian Negara Amatir Radio di Pringsewu

Pringsewu, Warta9.com – Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Daerah Lampung menggelar Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) ke-3 Tahun 2020.

UNAR yang dilaksanakan di SMA Xaverius Pringsewu, Kamis (15/10/20), dibuka oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA, serta diikuti peserta secara terbatas karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, yakni hanya 48 peserta dari sejumlah kabupaten dan kota se-Provinsi Lampung.

Turut menghadiri pembukaan UNAR, Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Lampung Enik Sarjumanah, SH, MH, Kadis Kominfo Pringsewu H.Samsir Kasim, M.Pd.I dan Kepala Badan Kesbangpol Sukarman, S.Pd., Ketua ORARI Daerah Lampung H.Iwan Novriza, SE, MM dan jajaran ORARI Daerah Lampung dan Lokal Pringsewu.

Wakil Bupati Pringsewu dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Lampung yang telah memilih Pringsewu sebagai tempat pelaksanaan UNAR kali ini. Dengan kegiatan UNAR di Pringsewu, kata wabup, semoga dapat membangkitkan kembali kejayaan ORARI Lokal Pringsewu.

Selain itu, dirinya berharap semua calon anggota ORARI nantinya memiliki etika dan pengetahuan, karena membawa nama negara di bidang amatir radio.

Wabup Pringsewu juga mengajak bersama-sama menegakkan jiwa nasionalisme melalui radio. Ia juga mengatakan, secara kebetulan dirinya yang juga Ketua Kwarcab Pringsewu, selama ini juga telah banyak didukung oleh ORARI, terutama dalam kegiatan JOTA (Jamboree On The Air) dan JOTI (Jamboree On The Internet).

Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Lampung Enik Sarjumanah, SH, MH pada kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada ORARI Lokal Pringsewu yang sudah mempersiapkan fasilitas untuk kegiatan UNAR kali ini.

Dikatakan Enik, pihaknya setiap bulan menggelar UNAR di Kantor Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Lampung. Oleh karena itu, jika masyarakat berminat mengikuti UNAR agar dapat mendaftar dan lembaganya akan memfasilitasi.

Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini UNAR diselenggarakan secara online, baik mulai pendaftaran hingga ujian dan penerbitan izin amatir radio. Enik berharap setelah lulus nantinya peserta bisa menjadi seorang anggota ORARI yang cerdas, disiplin dan tertib hukum, dan mempergunakan frekuensi sesuai penggunaannya.

Sementara itu, Ketua ORARI Daerah Lampung H.Iwan Novriza, SE, MM mengatakan UNAR yang merupakan kerjasama Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Lampung dengan ORARI Daerah Lampung biasanya digelar di Kota Bandar Lampung, namun kali ini digelar di Kabupaten Pringsewu.

Dikatakan bahwa ORARI merupakan satu-satunya organisasi amatir radio di Indonesia, dan sudah diakui dunia. ORARI Lokal Pringsewu, kata Iwan, selama ini menjadi andalan ORARI Daerah Lampung dalam segala hal. Karenanya, ia berharap kedepan ORARI Lokal Pringsewu akan semakin maju dan lebih solid. (W9-jsm)

loading...
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.