oleh

Pasang Tandon Tambak, Hektaran Pohon Bakau Dirusak

Buleleng, Warta9.com – Hektaran pohon mangrove (bakau) di pesisir Banjar Marga Garuda, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, rusak parah dan terancam punah.

Diduga kerusakan karena ditebang dan dicabut. Yang belakangan diketahui terjadi alih pungsi lahan untuk jalur tandon tambak budidaya milik perusahaan Menjangan Emas.

Ketua Kelompok Alam Lestari, Ketut Nasa, kepada awak media Minggu (29/12) mengatakan, akibat pembuatan jalur tandon di tengah bakau, merusak tanaman yang berfungsi sebagai penahan abrasi di kawasan tersebut.

“Pohon bakau rusak, karena dibuat jalur tandon dan kondisinya sangat mengkhawatirkan,” paparnya.

Mantan kepala dusun marga garuda ini menjelaskan, dalam melestarikan pohon mangrove, pihaknya telah bekerja keras, mulai dari penanaman hingga perawatan. Tetapi, pengerusakan bakau dan reklamasi terus dilakukan.

“Kami sempat menanyakan perihal itu kepada Wayan Arta, pemilik lahan statusnya masih hak guna usaha. Dimana dia menjawab jika pasangan tandon itu untuk hindari abrasi,” ujar Nasa menirukan ucapan Arta.

Bahkan, saat itu Arta juga dengan tegas menyebut, apa yang dilakukan tidak akan merusak pohon mangrove yang ditanam pihak lain, melainkan milik pribadinya dan itu dilakukan hanya dilahan sendiri.

“Lucu saja, padahal masyarakat di sini tau kalau bakau itu yang tanam kelompok alam lestari,” tandasnya.

Sementara itu, Mawardi (40) pecinta konservasi mangrove asal desa Suberkima menyatakan, terkait hal tersebut pihaknya akan mengirim surat ke Pemkab setempat. Bahkan secara aturan, tidak boleh ada pembangunan pada 100 meter dari pasang tertinggi air laut.

“Karena kajian lingkungan untuk pembangunan tambak di daerah pesisir tidak berjalan, sehingga berdampak pada kerusakan ekosistem mangrove,” kata Wardi mengakhiri. (W9-soni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed