oleh

PCNU Metro Ajak Berdonasi Bantu Warga Kurang Mampu Terdampak Covid-19

Metro, Warta9.com – Dampak pandemi covid-19 benar-benar sangat dirasakan masyarakat kurang mampu menjadi perhatian khusus Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Metro.

Menyikapi kondisi sosial yang memprihatinkan tersebut, PCNU menggelar rapat koordinasi yang melibatkan pengurus Cabang dan MWC serta struktur kepengurusan Lembaga-lembaga dan Badan Otonom di lingkungan PCNU Kota Metro, Selasa (14/4/2020) di Kantor PCNU Jl. soekarno Hatta Mulyojati Kecamatan Metro Barat.

Salah satu keputusan penting yang ditelorkan dalam rapat koordinasi yang dipimpin Ketua PCNU Metro, KH Ali Komarudin itu adalah PCNU akan memberikan bantuan paket sembako kepada warga kurang mampu yang terdampak covid-19 pada bulan Ramadhan 1441 H yang tinggal beberapa hari lagi.

Berkaitan program tersebut, PCNU menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat yang memiliki kemampuan lebih untuk bersama-sama berdonasi membeli paket sembako seharga Rp 100.000,- melalui Satuan tugas (Satgas) NU peduli covid-19 yang pada saatnya bantuan tersebut akan disalurkan kepada warga yang kurang mampu.

Selain berupa sembako, rapat koordinasi itu juga mengajak kepada seluruh pengurus NU dari tingkat Cabang sampai Ranting serta pengurus Lembaga-Lembaga dan Badan otonom untuk berdonasi membeli masker seharga Rp 3.500/masker yang akan dibagikan secara gtatis kepada masyarakat sebagai implentasi atas kebijakan Pemerintah agar saat beraktifitas setiap individu selalu memakai masker untuk menghirkan diri dari terjadinya penularan virus corona.

Satuan tugas (Satgas) Nahdlatul Ulama (NU) Peduli Covid-19 Kota Metro terus bergerak tiada henti untuk mberikan education kepada warga Nahdliyin khususnya dan masyarakat pada umum.

Satgas yang dibentuk Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) akhir Maret lalu itu telah melakukan pemetaan dan menjadwalkan telah dan akan melakukan edukasi dan penyemprotan desinfektan di 22 Kelurahan se-Kota Metro dengan melibatkan seluruh struktur PCNU sampai tingkat Pengurus Ranting, Lembaga dan Badan Otonom di lingkungan NU.

KH Ali Qomarudin memerintahkan agar seluruh Lembaga dan Badan Otonom NU bersatu dan bersinergi dengan Satgas NU Peduli Covid-19 melawan penyebaran Corona di Kota Metro secara mandiri.

Lebih lanjut, Pengasuh Ponpes Roudlatul Qur’an itu juga memerintahkan seluruh Ketua Badan Otonom tingkat Cabang mulai Muslimat, GP Ansor, Fatayat NU, IPNU dan IPPNU agar melakukan konsolidasi struktur kepengurusan sampai tingakt anak ranting dan mensosialisasikan Pencegahan penyebaran virus corona sesuai
dengan protokol yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sementara, Ketua Pengarah Satgas NU Peduli Covid-19, Ismail dalam setiap kesempatan saat memberikan pengarahan agar Satgas terus bekerja secara maksimal memberikan pelayanan kepada warga NU lebih-lebih dalam menghadapi pandemi virus corona.

Ismail juga mengungkapkan Satgas NU peduli covid-19 dalam melaksanakan tugas menggunakan anggaran sendiri dan donasi dari Pengurus dan warga NU tanpa menggunakan bantuan APBN/APBD, maupun instansi pemerintah lainya termasuk juga tidak melibatkan Partai Politik.

Ketua LP Ma’arif Kota Metro itu juga menjelaskan tujuan dibentuknya Satgas NU Peduli Covid-19 PCNU Metro untuk merealisasikan program kerja PCNU Metro khususnya pada bidang konsolidasi organisasi, kesehatan dan sosial ekonomi.

Kemudian membantu mendampingi dan melindungi masyarakat Kota Metro khususnya warga NU dalam menghadapi kondisi penyebaran wabah Covid-19 di Kota Metro dengan memfungsikan seluruh struktur NU sampai level anak ranting.

Selain itu, tambah dia, untuk mengkonsolidasi dan menggerakkan Pengurus NU, Lembaga dan Badan Otonom sampai dengan
Tingkat Ranting/Anak Ranting dalam membantu masyarakat khusunya warga NU dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kota Metro dan melakukan pendataan kondisi warga NU di Kota Metro untuk mengantisipasi dampak ekonomi pada saat dan pasca wabah Covid-19 serta membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran virus Covid-19.

Pada bagian lain, Sekretaris Satgas, Agus Setiawan mendampingi Ketuanya, Joko Prayitno menjelaskan selain membeeikan edukasi tentang corono, program Satgas juga melakukan penyemprotan di 22 Kelurahan atas permintaan yang telah diajukan Pengurus MWC dan Ranting NU serta memberikan bantuan masker dan ember tempat mencuci tangan.

Lebih lanjut Agus juga mengungkapkan kepada warga masyarakat Kota Metro yang ingin berdonasi untuk memberikan bantuan sembako bagi masyarakat kurang mampu terdampak covid-19 bisa mentransfer kerekening BMT Artha Buana Metro Nomor rekening 0106003951 atas nama Satgas NU Peduli covid-19 dan nomor rekening BRI 571101007867538 atas nama Lazisnu. (W9-joko)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed