Pelatihan Barista bagi Tuna Rungu Lampung

Bandarlampung, Warta9.com – Tidak ada yang ingin dilahirkan ke dunia tanpa kesempurnaan. Semua orangtua menginginkan semua anak yang lahir dalam keadaan sempurna, tanpa kekurangan apapun. Namun, pada kenyataannya tidak sedikit anggota keluarga yang masuk ke dalam kelompok berkebutuhan khusus.

Efin Nurtjahja G, melalui organisasi yang didirikannya Perkumpulan Peduli Nusantara atau PINUS menggandeng El’s Coffee memberi ilmu dasar Barista kepada saudara-saudara sesama anak bangsa dari kalangan tuna rungu yang tergabung dalam DPD Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN) Lampung, Sabtu (16/3/2019).

Gagasan Efin Nurtjahja untuk mengadakan pelatihan khusus ini disambut baik oleh pimpinan El’s Coffee, Elkana Riswan yang mengutus Barista seniornya, Sadri, untuk mengajar.

Memperhatikan kesungguhan dan antusiasme para warga tuna rungu dalam menerima pelajaran, Efin yang juga caleg DPR RI dari Partai Golkar Dapil Lampung 1 dengan nomor urut 2, menekankan bahwa mereka punya hak mendapat kesempatan yang sama dengan orang-orang normal untuk pekerjaan dan ilmu yang memungkinkan bagi mereka.

Penyandang tuna rungu yang tergabung dalam GERKATIN Lampung yang diketuai oleh Susanti merupakan bagian dari organisasi serupa di seluruh Indonesia. Ada sekitar 250 tuna rungu tergabung di dalamnya. Pada umumnya mereka terkendala saat harus mencari pekerjaan. Efin Nurtjahja yakin bahwa kepandaian meracik kopi atau menjadi Barista adalah profesi yang sangat mungkin dilakukan oleh penyandang tuna rungu. Apalagi bila dihubungkan dengan Lampung sebagai provinsi penghasil kopi jenis robusta terbesar, maka sangat layak bila Lampung menjadi gudang Barista Indonesia.

Keharuman Pemerintah Daerah Lampung akan bertambah wangi apabila sukses mencetak barista-barista handal yang melibatkan juga warga penyandang tuna rungu. Potensi besar di industri kopi dan kebutuhan turunannya tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang barista Indonesia asal Lampung mampu menembus pasar profesi di manca negara. Semangat untuk Lampung. (W9-jam)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.