oleh

Pelatihan Sertifikasi Dosen Universitas Teknokrat Gunakan Video Conference

Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Mahathir Muhammad (kiri) dan Akhyar Rido (tengah) pada pelatihan dosen melalui video conference. (foto : ist)

Bandarlampung, Warta9.com – Dalam suasana prihatin dengan penyebaran virus Corona (Covid-19), Universitas Teknokrat Indonesia tetap melaksanakan berbagai kegiatan mahasiswa dan dosen dengan Video Conference menggunakan applikasi ZOOM dan mematuhi protokol kesehatan.

Seperti kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pengisian Deskripsi Diri Persiapan Sertifikasi Dosen, Senin (6/4/2020), dilakukan dengan Video Conference.

Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, yang membuka kegiatan ini dari Ruang Pertemuan GSG, meminta kepada para dosen di Universitas Teknokrat agar terus meningkatkan kapasitas diri. “Meski kita sedang prihatin dengan pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan Bangsa Indonesia, tapi kita tidak boleh berhenti beraktivitas. Dengan menggunakan teknologi yang ada, kegiatan perkuliahan tetap harus berlangsung, termasuk peningkatan kapasitas dosen,” ujar Mahathir.

Sosialisasi dan Pelatihan Pengisian Deskripsi Diri Persiapan Sertifikasi Dosen, yang dimoderatori Auliya Rahman Isnain, S.Kom., M.Cs, menghadirkan pemateri yaitu, Dekan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Akhyar Rido, S.S, MA., Ph.D.

Akhyar Rido, Ph.D, dalam paparanya melalui video conference mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi tenaga dosen. Dengan tujuan dapat memahami konsep dasar dan unsur-unsur penting deskripsi diri untuk sertifikasi dosen. Mampu mengisi seluruh deskripsi diri dengan baik sehingga dapat lulus sertifikasi dosen 2020.

Outline atau garis besar dari kegiatan ini lanjut Rido, bagi dosen mengerti deskripsi diri, contoh-contoh pertanyaan dalam deskripsi diri, contoh-contoh jawaban dalam deskripsi diri dan latihan mengisi deskripsi diri.

Apa itu deskripsi diri, deskripsi diri adalah peryataan diri tentang kontribusi dosen yang bersangkutan dalam pelaksanaan dan pengembangan tridharma perguruan tinggi. Deskripsi diri merupakan suatu pertanyaan realitas kinerja dosen yang terdiri dari lima komponen utama. Deskripsi diri harus diisi dengan keindahan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Rido menjelaskan, lima unsur dalam deskripsi diri yaitu, pengembangan kualitas pembelajaran, pengembangan keilmuan, pengabdian kepada masyarakat, pengelolaan institusi dan peningkatan kualitas kegiatan kemahasiswaan. Pada masing-masing unsur terdapat uraian yang harus dapat mengembangkan empat kompetisi yaitu, pedagogi, profesional, kepribadian dan sosial.

Rido mengingatkan kepada dosen, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan untuk mengisi deskripsi diri. Dalam pengisian deskripsi diri harus konsisten dengan apa yang diungkapkan dalam curriculum vitae dan penilaian persepsional diri. Dan instrumen deskripsi diri sebanyak 24 butir harus diperhatikan.

Dalam paparannya, Rido juga memberi beberapa contoh isian deskripsi diri. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan dan latihan pengisian deskripsi diri. Univetsitas Teknokrat Indonesia kampusnya sang juara. Pendaftaran online : spmb.teknokrat.ac.id. (W9-jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed