Pemkab Lampung Tengah Luncurkan Program Pertanian Terintegrasi

Foto: Dinas Kominfo Lampung Tengah

Gunungsugih, Warta9.com – Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto meluncurkan program Pertanian Terintegrasi oleh BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) di Kampung Rukti Endah, Kecamatan Seputih Raman, Jumat (25/10/2019).

Ketua Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustakhiq BAZNAS Pusat Ajat Sudrajat mengatakan misi pendukung adalah memberdayakan dan proteksi peternak dan petani.

Dengan demikian, petani dan peternak bisa menghadapi masalahnya, khususnya prasaranan dan fasilitas, kepastian biaya usaha, pendapatan gagal, praktik ekonomi dengan biaya tinggi dan antisipasi perubahan iklim.

Program dinamakannya Sistem Pertanian Terpadu (sistem pertanian terintegrasi) adalah satu sistem yang menggunakan ulang dan mendaur ulang, menggunakan tanaman dan hewan sebagai mitra, menciptakan suatu yang “dibuat khusus”, menciptakan cara kerja alam.

“Ekosistem yang kami berikan adalah nanti bisa dikembangkan, dan program semoga ini bisa mengembangkan bidang pertanian dan peternakan Lampung Tengah,” katanya.

Dalam acara ini juga diberikan bantuan secara simbolis berupa kambing, sembako dan modal usaha sayur. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto.

Dengan menerima sebanyak 282 ekor kambing, 110 paket sembako dan 5 penerima modal usaha sayur.

Dalam sambutannya Bupati Loekman mengatakan program pertanian terintegrasi adalah program yang sangat bermanfaat. Kalitas dan kelebihan, serta menjadi jawaban dalam peningkatan kesejahteraan para petani.

“Bidang pertanian menjadi konsentrasi dari pemerintah daerah Lampung Tengah. Mari bersama sama kita bangun Lampung Tengah,” ujar Bupati.

Sementara Ketua BAZNAS Lampung Tengah H Sutrisno mengatakan, BAZNAS berinisiatif menjadi bagian dari solusi yang disetujui petani dan peternak dengan mengikuti program ini yang merupakan salah satu program penyaluran zakat melalui program pertanian terintegrasi, ujarnya. (Jon/humas)

banner 468x60
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.