Pemkab Mesuji Sampaikan Usulan 12 Raperda

Mesuji, Warta9.com – Pemerintah Kabupaten Mesuji secara resmi menyampaikan usulan 12 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pada Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) untuk tahun 2020.

Kepala Bagian Hukum dan Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Mesuji Olpin Putra mengatakan, kedua belas Raperda yang disampaikan tersebut, antara lain Raperda tentang Izin Reklame; Raperda tentang Pengelolaan Sampah; Raperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Selain itu, Raperda tentang Izin Trayek; Raperda tentang Kawasan Tanpa Rokok; Raperda tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan; Raperda tentang Tata Cara Pembentukan dan Pengelolaan BUMDesa; Raperda tentang Struktur Organisasi Desa, Tata Kerja, dan Lembaga Kemasyarakatan Desa.

Selanjutnya, Raperda tentang Pedoman Pembentukan dan Mekanisme Penyusunan Peraturan Desa; Raperda tentang Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin; Raperda tentang Kabupaten Ramah HAM; dan Raperda tentang Perubahan atas Peraturan daerah Nomor 4 Tahun 2017 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Mesuji pada PT Bank Lampung.

“Penyampaian dan penandatanganan nota kesepahaman telah dilakukan pada 28 November 2019 lalu berbarengan dengan penandatangan persetujuan bersama Raperda tentang APBD Kabupaten Mesuji Tahun Anggaran 2020,” jelas Olpin.

Disampaikannya lagi, bahwa 12 raperda ini telah didasarkan atas skala prioritas dan telah melalui tahapan penelitian, pengkajian naskah akademis, dan pembahasan dengan berbagai pertimbangan. Tentunya, dia juga mengharapkan saran-saran dari anggota DPRD Kabupaten Mesuji selama pembahasan nantinya.

“Mudah-mudahan dengan dilandasi semangat untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan Kabupaten Mesuji, nantinya raperda tersebut dapat segera dibahas bersama sesuai dengan tahapan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutupnya. (W9-san)

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.